Setiawan, Lukman (2023) EDUGAME DENGAN MATERI ARITMATIKA DASAR BAGI ANAK KELAS III SD N 01 LEKSANA KABUPATEN BANJARNEGARA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Lukman Setiawan 16340040.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh minimnya minat belajar siswa untuk belajar
matematika. Dengan adanya permasalahan tersebut, peneliti menciptakan sebuah
aplikasi yang bertujuan untuk menghasilkan game edukasi aritmatika berbasis
android yang dibuat dengan menggunakan Unity 3D sebagai media pembelajaran
dengan menggunakan metode penelitian R&D dengan dikombinasikan
menggunakan model pengembangan MDLC (Multimedia Development Life
Cycle). Penelitian ini dilakukan melalui 6 tahapan yaitu Concept (Konsep),
Design (Perancangan), Material Collecting (Pengumpulan material), Assembly
(Pembuatan), Testing (Pengujian), Distribution (Pendistribusian). Untuk menguji
kelayakan aplikasi media pembelajaran pengenalan warna dilakukan oleh
validator ahli media, validator ahli materi, dan respon pengguna yang dilakukan
oleh siswa atau wali murid KB Pelita Annur. Hasil dari validasi ahli media
sebesar 91,65% yang termasuk dalam kategori “Sangat Layak”, dan validasi ahli
materi sebesar 92,7% yang termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. Kemudian
hasil dari uji pengguna sebesar 89,75% yang termasuk dalam kategori “Sangat
Layak”, sehingga aplikasi media pembelajaran game edukasi aritmatika yang
dihasilkan dapat dikategorikan sangat layak untuk digunakan dalam proses
pembelajaran.
Kata Kunci : Game Edukasi Aritmstika, Unity 3D, Game Android
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Teknologi Informasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 08:09 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 08:09 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1331 |