HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN DARING SISWA KELAS XI MAN 1 PATI

Ruswijaya, Lukman (2023) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN DARING SISWA KELAS XI MAN 1 PATI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Lukman Ruswijaya 15110041.pdf] Text
Lukman Ruswijaya 15110041.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya motivasi belajar dan
kemandirian belajar siswa pada saat pembelajaran daring. Saat pembelajaran
daring ini berlangsung siswa yang kurang memiliki motivasi dan kemandiran
belajar akan terkesan menyepelekan dan tidak berantusias dalam pembelajaran.
Pembelajaran secara daring dibutuhkan motivasi dan kemandirian siswa yang
tinggi dalam belajar, hal ini dikarenakan peran guru saat pembelajaran
berlangsung yang terbatas tidak seperti pada saat pembelajaran luring. Dengan
adanya motivasi belajar siswa maka diharapkan terbentuknya kemandirian siswa
dalam belajar.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 1 Pati. Sampel yang digunakan
sebanyak 78 siswa yang berasal dari 9 kelas. Teknik pengambilan sampel dengan
menggunakan proposional random sampling. Teknik pengumpulan data
menggunakan instrumen motivasi belajar dan kemandirian belajar. Teknik
analisis data menggunakan uji korelasi pearson product moment.
Hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan
antara motivasi belajar dan kemandirian belajar siswa. Hasil ini dibuktikan
dengan uji korelasi pearson product moment. Sehingga dapat dikatakan bahwa
“ada hubungan antara motivasi belajar dengan kemandirian belajar siswa kelas XI
MAN I Pati”.
Kesimpulan dalam penelitian ini terdapat hubungan antara motivasi belajar
dengan kemandirian belajar siswa. Dengan demikian menunjukkan bahwa
semakin tinggi motivasi belajar siswa maka kemandirian belajar siswa juga tinggi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Jan 2024 08:05
Last Modified: 18 Jan 2024 08:05
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1327

Actions (login required)

View Item
View Item