Karomah, Risma Mutiara (2023) DESAIN PEMBELAJARAN MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DENGAN KONTEKS MASJID AGUNG SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Risma Mutiara Karomah 19310074.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Materi bangun ruang sisi datar merupakan salah satu materi yang dirasa sulit dalam
pembelajaran geometri. Namun, masih banyak siswa yang merasa kesulitan dalam
memahami konsep luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar. Oleh
karena itu, perlu dirancang aktivitas pembelajaran siswa yang menekankan pada
pemahaman konsep dengan menggunakan pendekatan yang tepat. Penelitian ini
bertujuan untuk mengembangkan lintasan belajar yang dapat membantu siswa
memahami konsep luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar berkonteks
Masjid Agung Semarang di kelas VIII SMP N 1 Bulu. Penelitian ini menggunakan
metode design research. Hasil penelitian ini adalah desain lintasan belajar dari
materi bangun ruang sisi datar dengan konteks Masjid Agung Semarang. Lintasan
belajar ini terdiri dari 5 aktivitas yaitu mengamati video dan membuat miniatur
Masjid Agung Semarang untuk mengidentifikasi jenis dan unsur-unsur bangun
ruang sisi datar, menemukan dan menentukan luas permukaan dan volume bangun
kubus dan balok, menemukan dan menentukan luas permukaan dan volume bangun
prisma, menemukan dan menentukan luas permukaan dan volume bangun limas,
menemukan hubungan antara diagonal bidang, diagonal ruang, dan bidang
diagonal, serta menyelesaikan masalah kontekstual. Dari aktivitas yang dilakukan
menunjukkan bahwa lintasan belajar yang dikembangkan dapat membantu
meningkatkan pemahaman siswa dalam materi bangun ruang sisi datar.
Kata kunci: Bangun Ruang Sisi Datar, Luas Permukaan dan Volume, design
research
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 08:00 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 08:00 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1321 |