Kumalasari, Rima Nur (2023) PROFIL KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH RMATEMATIKA SISWA KELAS VII DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Rima Nur Kumalasari 16310179.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam
pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar siswa kelas VII.
Penelitian ini merupakan penelitian deskritif kualitatif. Subjek pada penelitian ini
ada 3 orang siswa kelas VII Mts Al Mashyud Weleri yang telah digolongkan
berdasarkan gaya belajar. Terdiri dari satu siswa dengan tipe gaya belajar visual,
satu siswa dengan tipe gaya belajar auditorial, dan satu siswa dengan tipe gaya
belajar kinestetik. Instrumen utama dalam penelitian ini yaitu peneliti itu sediri
dan instrumen pendukung yang digunakan adalah angket gaya belajar, soal tes
kemampuan pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Teknik analisis data
yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan. Teknik
pemeriksaan keabsaan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian
menunjukan bahwa Subjek dengan tipe gaya belajar Visual mampu
menyelesaikan 3 tahapan yaitu memahami masalah, merencanakan masalah, dan
melaksanakan rencana, Subjek dengan tipe gaya belajar Auditori mampu
menyelesaiakan 3 tahapan yaitu memahami masalah, merencanakan masalah, dan
melaksanakan rencana, dan Subjek dengan tipe gaya belajar Kinestetik mampu
menyelesaiakan 4 tahapan yaitu memahami masalah, merencanakan masalah,
melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali.
Kata kunci : kemampuan pemecahan masalah matematika, profil, gaya belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 07:59 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 07:59 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1320 |