SAFITRI, LISA AYU (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PAPER (PAPAN PERKALIAN) PADA MATERI PERKALIAN SISWA KELAS II SDN 2 JEGONG KABUPATEN BLORA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
LISA AYU SAFITRI 19120274.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini adalah matematika termasuk kedalam
salah satu mata pelajaran di Sekolah Dasar. Namun, banyak siswa SD yang
kurang menyukai pelajaran matematika, salah satunya materi perkalian. Siswa
kurang menyukai materi perkalian, kurang memahami materi perkalian, dan
kurang fokus saat mengikuti pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah bagaimana pengembangan media PAPER (Papan Perkalian) untuk
digunakan pada pembelajaran matematika materi perkalian siswa kelas II SDN 2
Jegong Kabupaten Blora? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah
untuk mengembangkan media PAPER (Papan Perkalian) sebagai media
pembelajaran matematika materi perkalian siswa kelas II SDN 2 Jegong
Kabupaten Blora.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research
and Development (R & D). Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
menerapkan prosedur Borg and Gall. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa
kelas II SDN 2 Jegong Kabupaten Blora dengan jumlah 18 siswa.
Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, simpulan yang dapat
peneliti berikan pada penelitian ini yaitu: media dikembangkan melalui proses: 1)
pengumpulan informasi, melalui observasi dan wawancara pada tahap ini
ditemukan masalah yaitu siswa kurang menyukai pelajaran matematika, pada
materi perkalian siswa kurang memahami dan kurang fokus dalam pembelajaran,
serta guru belum menggunakan media pembelajaran. 2) perencanaan, pada tahap
perencanaan peneliti berencana untuk mengembangkan sebuah media
pembelajaran yang dapat mengatasi adanya permasalahan. 3) mengembangkan
desain produk awal, pada tahapan ini peneliti mengembangkan desain media
PAPER, dengan menetapkan tujuan pengembangan media serta menyusun materi
dengan berpedoman pada KI dan KD pada buku guru kelas II. 4) uji lapangan
awal, pada penelitian ini melalui uji validitas dan reliabilitas yang dilakukan oleh
ahli media dan ahli materi, hasil validitas dari ahli media memperoleh nilai rata�rata 92% dan dari ahli materi memperoleh nilai rata- rata 81%, sedangkan
reliabilitas media memperoleh nilai 95,7% dan reliabilitas materi memperoleh
nilai 98, 8%. Media termasuk kedalam kriteria valid dan reliabel. 5) revisi uji
coba, pada tahap ini media ada perubahan desain untuk mempermudah
pemahaman siswa, menambah aturan penggunaan media dan penggantian bahan
papan. Setelah melalui revisi langkah berikutnya yakni uji coba media di kelas II
SDN 2 Jegong Kabupaten Blora, dengan memberikan soal evaluasi. Pada uji coba
siswa memperoleh nilai diatas KKM (70) dan hasil rata- rata nilai 18 siswa kelas
II yaitu 97,2.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 07:58 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 07:58 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1319 |