“GADEYA” : GAME EDUKASI PENGENALAN WAYANG BERBASIS ANDROID DENGAN PENERAPAN ALGORITMA SHUFFLE RANDOM UNTUK PENGACAKAN SOAL

Pratiwi, Belinda Mega (2023) “GADEYA” : GAME EDUKASI PENGENALAN WAYANG BERBASIS ANDROID DENGAN PENERAPAN ALGORITMA SHUFFLE RANDOM UNTUK PENGACAKAN SOAL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of BELINDA MEGA PRATIWI 19670025.pdf] Text
BELINDA MEGA PRATIWI 19670025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki keberagaman dalam hal budaya
serta warisannya yang unik dari setiap daerah. Salah satu warisan kebudayaan
masa lampau dari Jawa yaitu kesenian wayang kulit. Belakangan ini pengenalan
wayang kepada siswa belum dimaksimalkan, disamping terkikisnya ketertarikan
terhadap warisan budaya dikarenakan pengaruh masuknya budaya asing,
penggunaan media buku yang statis dan kurangnya variasi media pembelajaran
yang interaktif menjadi beberapa faktor penyebab menurunnya minat siswa dalam
materi tersebut. Seiring dengan berkembangnya teknologi, terdapat salah satu
teknologi dalam bidang pendidikan yaitu Game Edukasi yang dapat dimanfaatkan
sebagai media pembelajaran berbasis multimedia. Tujuan penelitian ini yaitu
membangun Game Edukasi pengenalan wayang dengan menggunakan algoritma
Shuffle Random untuk pengacakan soal. Shuffle Random adalah algoritma
pengacakan urutan indeks dari sebuah record atau array. Dengan adanya Game
Edukasi
pengenalan
wayang
berbasis
Android
sebagai
variasi
media
pembelajaran, dapat membantu siswa untuk memahami dan meningkatkan minat
dalam belajar mengenali wayang. Hasil dari pengujian blackbox memperoleh
presentase keberhasilan 100%. Nilai cyclomatic complexcity yang dihasilkan dari
pengujian white box adalah 3, sedangkan dalam pengujian user acceptance test
oleh tiga guru dan dua wali murid sebagai responden menghasilkan presentase
96% pada aspek desain, 96,8% pada aspek materi dan 98,4% pada aspek
kemudahan dan kemanfaatan sehingga dikategorikan sangat setuju. Game edukasi
pengenalan wayang “GADEYA” berhasil dibangun dengan metode MDLC dan
penerapan algoritma Shuffle Random dapat diinstall serta berjalan sesuai yang
diharapkan pada smartphone Android dengan minimal OS versi 10.
Kata Kunci : Pengenalan Wayang, Game Edukasi, Shuffle Random, Media
Pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Informatika > Informatika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Jan 2024 07:28
Last Modified: 18 Jan 2024 07:29
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1287

Actions (login required)

View Item
View Item