ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA PADA SISWA SMP NEGERI 1 MAYONG DI TINJAU BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIS SISWA

Wijaya, Nurulina Aulia (2023) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA PADA SISWA SMP NEGERI 1 MAYONG DI TINJAU BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIS SISWA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Nurulina Aulia Wijaya 19310088.pdf] Text
Nurulina Aulia Wijaya 19310088.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan literasi matematika merupukan sebuah kemampuan individu untuk
merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks.
Menurut PISA kemampuan itu dapat di tinjau melalui tahapan, memahami
masalah, membuat rencana peyelesaian, melaksanakan penyelesaian dan
memeriksa kembali dan menarik kesimpulan. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk menganalisis kemampuan literasi matematik ditinjau dari kemampuan awal
rendah, kemampuan awal sedang dan kemampuan awal tinggi. Jenis penelitian ini
merupakan kulaitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 1
Mayong. Subjek ditentukan melalui hasil nilai ulangan harian matematika siswa.
Data dalam penelitian didapatkan melalui nilai ulangan harian matematika siswa,
tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Tes tertulis yang digunakan dalam
penelitian ini berupa dua soal uraian materi (SPLDV) sistem persamaan dua
variable. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa dengan kemampuan
matematis rendah belum memenuhi ke empat indikator kemampuan matematis
yang berupa memahami masalah, Membuat rencana penyelesaian, melaksanakan
penyelesaian, memeriksa kembali dan menarik kesimpulan. (2) Siswa dengan
kemampuan matematis sedang hanya memenuhi beberapa indikator diantaranya
memahami masalah dengan menuliskan unsur diketahui dan ditanayakan,
Membuat rencana penyelesaian dengan membuat model matematis namun masih
kurang tepat, melaksanakan penyelesaian namun kurang tepat dalam menghitung,
serta belum bisa memeriksa kembali hasil yang diperoleh dan belum menarik
kesimpulan. (3) Siswa dengan kemampuan tinggi mampu memenuhi semua
indikator yang berupa memahami masalah, Membuat rencana penyelesaian
dengan tepat, melaksanakan penyelesaian dengan benar dan tepat serta mampu
memeriksa kembali jawaban dan menarik kesimpulan dengan tepat.
Kata Kunci: Literasi Matematika, Kemampuan Matematis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Jan 2024 06:27
Last Modified: 18 Jan 2024 06:27
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1237

Actions (login required)

View Item
View Item