KHURNIATI, NOOR LAILA (2023) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Noor Laila Khurniati 19310096.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan salah satu hal
penting yang harus dimiliki oleh siswa. Agar setiap siswa memiliki kemampuan
pemahaman konsep matematis, maka keterlibatan guru dalam pembelajaran
sangat berpengaruh. Namun, guru masih menggunakan metode ceramah sehingga
pembelajaran hanya terfokus pada guru dan siswa kurang aktif dalam
pembelajaran. Tujuan penelitian dilakukan yaitu untuk mengetahui efektivitas
model Problem Based Learning berbantuan geogebra terhadap kemampuan
pemahaman konsep matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan pendekatan
kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan jenis Quasi Experimental Design.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan rata-rata dari model
Problem Based Learning berbantuan geogebra dan model Problem Based
Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi
bangun ruang sisi datar, (2) Pembelajaran model Problem Based Learning
berbantuan geogebra lebih baik daripada tanpa media geogebra terhadap
kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada bangun ruang sisi datar.
Kata Kunci: efektivitas; PBL; geogebra; kemampuan pemahaman konsep
matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 06:23 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 06:23 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1234 |