Majid, Ahmad Alfiyan Abdul (2023) ANALISIS PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, TRANSFER KNOWLEDGE, MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMA SE-KECAMATAN GUBUG KABUPATEN GROBOGAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Ahmad Alfiyan Abdul Majid 18810136.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Pada era globalisasi sekarang ini masalah tentang sumber daya manusia
dalam sebuah organisasi atau instansi menjadi suatu hal yang begitu penting untuk
disoroti guna untuk dapat tetap berkompetisi di era sekarang ini. Kinerja guru yang
maksimal merupakan sebuah aset yang bernilai tinggi bagi sebuah instansi, maka
dari itu sebuah instansi akan selalu memberikan perhatian khusus guna untuk
meningkatkan kinerja guru dengan harapan apa yang akan menjadi tujuan instansi
tersebut dapat tercapai dengan baik. Berbagai cara untuk meningkatkan kinerja guru
akan selalu ditempuh oleh berbagai instansi, misalnya dengan adanya sebuah gaya
Kepemimpinan Transformasional yang efektif dan efisien, terciptanya sebuah
Transfer Knowledge yang efektif dan efisien, serta dibutuhkan adanya sebuah
Motivasi Kerja dari para guru yang tentunya dapat mempengaruhi Kinerja Guru
tersebut. Tujuan adanya penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh
Kepemimpinan Transformasional, Transfer Knowledge, Motivasi Kerja Terhadap
Kinerja Guru SMA Se-Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan. Jumlah data
responden dalam penelitian ini adalah 108 orang. Metode pengambilan sampel pada
penelitian ini menggunakan Teknik Non Probability Sampling. Teknik analisis data
yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda. Pengolahan data
penelitian ini menggunakan software SPSS versi 25. Berdasarkan hasil yang telah
didapatkan melalui proses penelitian ini, menunjukan bahwa Kepemimpinan
Transformasional (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru
(Y) SMA di Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan dengan nilai signifikansi
sebesar 0,028 < 0,05 dan nilai t hitung sebesar 2,226 > 1,983 t tabel. Transfer
Knowledge (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru (Y)
SMA di Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan dengan nilai signifikansi sebesar
0,000 < 0,05 dan nilai t hitung sebesar 6,602 > 1,983 t tabel. Motivasi Kerja (X3)
tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru (Y) SMA di
Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan dengan nilai signifikansi sebesar 0,062 >
0,05 dan nilai t hitung sebesar 1,886 < 1,983 t tabel. Dari hasil penelitian ini, dapat
diketahui serta dapat disimpulkan bahwa Kepemimpinan Transformasional (X1)
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru (Y) SMA di Kecamatan
Gubug Kabupaten Grobogan. Transfer Knowledge (X2) berpengaruh positif dan
signifikan terhadap Kinerja Guru (Y) SMA di Kecamatan Gubug Kabupaten
Grobogan. Motivasi Kerja (X3) tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap
Kinerja Guru (Y) SMA di Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan.
Kata Kunci : Kepemimpinan Transformasional, Transfer Knowledge, Motivasi
Kerja, Kinerja Guru
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 03 Jan 2024 06:37 |
Last Modified: | 03 Jan 2024 06:38 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/121 |