LIANTI, LIANTI (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERINTEGRASI STEM BERBANTUAN SOFTWARE CABRI 3D TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
LIANTI 19310098.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Project
Based Learning terintegrasi STEM berbantuan software cabri 3D terhadap
keterampilan berpikir kritis siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian
eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N
1 Bogorejo. Dengan teknik purposive sampling, diperoleh VIII.A sebagai kelas
kontrol dan VIII.C sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan
post test dan angket. Analisis data menggunakan uji independent sample t test
(dua arah dan satu arah) serta uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian
menunjukan bahwa 1) Rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa antara kelas
PjBL-STEM dengan kelas PjBL tidak identik 2) Keterampilan berpikir kritis
siswa kelas PjBL-STEM lebih baik daripada kelas PjBL 3) Terdapat pengaruh
model pembelajaran PjBL-STEM terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Hal
tersebut menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran
PjBL terintegrasi STEM terhadap keterampilan berpikir kritis siswa mencapai
efektif.
Kata kunci : Efektivitas, Project Based Learning, STEM, Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 04:28 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 04:28 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1192 |