PENGEMBANGAN ASSESMEN SOAL IPA SD BERBASIS STEM MATERI POLA SEBAB AKIBAT PADA SISWA FASE A

FITRIANI, LIA (2023) PENGEMBANGAN ASSESMEN SOAL IPA SD BERBASIS STEM MATERI POLA SEBAB AKIBAT PADA SISWA FASE A. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of LIA FITRIANI 19120168.pdf] Text
LIA FITRIANI 19120168.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalahInstrumen awal sangat
penting sekali digunakan dalam merancang suatu pembelajaran agar sesuai dengan
kondisi siswa karena instrumen awal tersebut bertujuan untuk mengetahui kondisi
awal peserta didik. Dengan adanya instrumen awal memudahkan guru untuk
mengidetifikasi kemampuan peserta didik dalam pembelajaran. Namun kenyataan
dilapangan masih banyak guru yang belum mengembangkan instrumen awal
berbasis STEM sehingga perlu adanya pengembanan instrumen awal untuk
mengetahui kemampuan awal peserta didik sehingga materi yang diberikan sesuai
dengan kebutuhan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
menghasilkan instrumen soal IPA SD materi pola sebab akibat fase A, mengetahui
karakteristik siswa fase A, dan mengetahui kemampuan awal peserta didik.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau R & D
(Research and Development). Metode penelitian R & D merupakan metode
penelitian untuk menghasilkan sebuah produk. Penelitian pengembangan biasanya
digunakan dalam mengembangkan serta memvalidasikan sebuah produk yang
nantinya akan digunakan dalam proses pembelajaran. Produk yang dikembangkan
dapat berupa software maupun hardware yang diawali dengan analisis kebutuhan,
proses pengembangan, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan model Desain
ADDIE. Menurut Branch R & D model ADDIE merupakan suatu produk yang
dalam pengembangannya berdasarkan saran dan validasi ahli serta di akhiri
dengan evaluasi. Model ADDIE adalah model yang memiliki sifat lebih generik
yang berfungsi sebagai pedoman dalam membuat perangkat serta infrastruktur
agar dinamis, efektif dan mendukung. Model ini memiliki 5 langkah
pengembangan yaitu :1) Analisa (analysis), 2) Perancangan (design), 3)
Pengembangan (development), 4) Implementasi (implementation), 5) Evaluasi
(evaluation). Populasi penelitian ini adalah siswan SDN Pandeanlamper 05 dan
SDN 2 Mranggen Tahun ajaran 2022/2023. Sampel yang diambil adalah 100
siswa kelas II dan III. Data dalam penelitian ini didapat dari tes, dokumentasi,
observasi, dan angket.
Hasil analisis menunjukkan bahwa instrumen awal pada mata pelajaran
IPA SD materi pola sebab akibat fase A melalui indeks Aiken adalah adalah 0,73-
0,84.Hasil tersebut dapat dikatakan bahwa soal tersebut berketeria sedang dan
tinggi. Hasil analisis melalui winstep menghasilkan person reliability (0,44 dan
0,84), item reliability (0,91), dan cronbach alpha reliability (0,69). Butir soal
nomor 12 tergolong fit karena nilai MNSQ (0,76), ZSTD (-1,6), dan PT (0,56),
Tingkat kesesuaian butir soal nomor 7, 11, 4, 13, dan 12 juga tergolong fit
sedangkan soal nomor 2 nilai PT tidak memenuhi kriteria tetapi nilai MNSQ dan ZSTD memenuhi kriteria maka butir soal masih dianggap valid dan diperbaiki
tanpa harus dibuang. Butir soal nomor 12 terlihat bahwa soal tersebut lebih mudah
dijawab oleh siswa perempuan dibandingkan soal laki-laki artinya butir soal
nomor 12 merugikan salah satu gender dan harus diperbaiki ( mengalami bias).
person DIF plot dapat dilihat bahwa antara fase A dan fase B yang mengalami
bias adalah pada soal nomor 12. Butir soal nomor 12 terlihat bahwa soal tersebut
lebih mudah dijawab oleh fase A dibandingkan soal fase B artinya butir soal
nomor 7 merugikan salah satu fase. Jarak bias antara fase A dan fase B tidak
terlalu jauh tetapi secara keseluruhan antara fase A dan fase B memiliki
kemampuan yang hampir sama Berdasarkan hasil analisis instrumen awal yang
dikembangkan valid dan reliabel.
Kata kunci:IPA SD, STEM, Pola Sebab Akibat

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Jan 2024 03:54
Last Modified: 18 Jan 2024 03:54
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1169

Actions (login required)

View Item
View Item