ANALISIS PERBANDINGAN KEPUASAN MAHASISWA UPGRIS TERHADAP MINIMARKET INDOMARET DAN ALFAMART DI KECAMATAN GAYAMSARI KOTA SEMARANG

Mote, Kornelia B (2023) ANALISIS PERBANDINGAN KEPUASAN MAHASISWA UPGRIS TERHADAP MINIMARKET INDOMARET DAN ALFAMART DI KECAMATAN GAYAMSARI KOTA SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of KORNELIA B MOTE 16220100.pdf] Text
KORNELIA B MOTE 16220100.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kornelia B Mote “Analisis Perbandingan Kepuasan Mahasiswa UPGRIS
Terhadap Minimarket Indomaret Dan Alfamart Di Kecamatan Gayamsari Kota
Semarang” Skripsi.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kepusan pelanggan yang pada umumnya
tidak dapat di pastikan secara keseluruhan karena setiap pelanggan suatu
perusahaan atau toko merasa puas pada tingkat yang berbeda. Kepuasan satu
pelanggan dengan pelanggan lainnya selalu berbeda dari waktu. Oleh karena itu
untuk mempertahankan pelanggan perusahaan harus memperhatikan faktor
kebahagiaan dan kepuasan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perubahan
kepuasan pelanggan (Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UPGRIS) dan
mengidentifikasi profil kepuasan pelanggan Indomaret dan Alfamart Kecamatan
Gayamsari Kota Semarang. Populasi penelitian terdiri dari 119 responden. Metode
pendekatan menggunakan kuantitaitif dengan uji sampel berpasangan (paired
sample analysis test) (pengujian hipotesis). Hasil penelitian menunjukkan terdapat
perbedaan kepuasan pelanggan minimarket Indomaret dan Alpamart. Hasil
laporan menunjukkan skor korelasi yang signifikan sebesar 0,842 untuk kepuasan
pelanggan Indomaret dan kepuasan pelanggan Alphamart. Nilai Sig 0.000 kurang
dari 0.05. Dengan demikian hipotesis 0 ditolak. Terdapat hubungan antara
kepuasan pelanggan Indomaret dengan Alphamart tidak ada perbedaan. Variabel
kepuasan pelanggan Indomaret memiliki nilai 78,57 dan variabel kepuasan
pelanggan Alfamart hanya mendapatkan nilai 78,31. Secara keseluruhan variabel
kepuasan pelanggan Indomaret dengan jumlah 9.350 lebih tinggi dari variabel
kepuasan pelanggan Alfamart dengan jumlah 9.319. Dapat dikatakan hipotesis
alternatif (Ha) diterima: “Tidak terdapat perbedaan kepuasan pelanggan di
convenience store Indomaret dan Alpha Mart”.
Kata Kunci : Kepuasan Pelanggan, Minimarket Indomaret., minimarket
Alfamart

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Jan 2024 03:16
Last Modified: 18 Jan 2024 03:16
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1134

Actions (login required)

View Item
View Item