UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN ANAK USIA DINI MELALUI METODE PEMBIASAAN PADA ANAK TK A DI TK IT KOTA WALI KABUPATEN DEMAK

ANDRIANI, LAILINA (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN ANAK USIA DINI MELALUI METODE PEMBIASAAN PADA ANAK TK A DI TK IT KOTA WALI KABUPATEN DEMAK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of LAILINA ANDRIANI 20156050.pdf] Text
LAILINA ANDRIANI 20156050.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kenyataan
dilapangan banyak anak yang masih rendah pembiasaan dalam meningkatkan
perilaku disiplin. Hal tersebut disebabkan karena rendahnya kemampuan dalam
meningkatkan kedisiplinan anak melalui metode pembiasaan. Permasalahan
dalam penelitian ini adalah ketika siswa datang terlambat kesekolah, mengganggu
temannya ketika bermain bersama, tidak merapikan mainan ketempatnya, tidak
membuang sampah pada tempatnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk
meningkatkan kedisiplinan anak usia dini melalui metode pembiasaan pada anak
TK A di TK IT Kota Wali Kabupaten Demak.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan pengumpulan data
berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini
sebanyak 11 anak TK A di TK IT Kota Wali Kabupaten Demak. Dari hasil akhir
dengan menggunakan teknik dua siklus diperoleh hasil peningkatan kedisiplinan
anak usia dini melalui metode pembiasaan pada anak, siklus I perkembangan anak
mengenal metode pembiasaan pada anak mencapai presentase 55% yaitu 6 anak
yang Berkembang Sangat Baik dan siklus II perkembangan menerapkan perilaku
disiplin pada anak meningkat mencapai 82% yaitu 9 anak yang Berkembang
Sangat Baik. Perkembangan meningkatkan kedisiplinan melalui metode
pembiasaan mengalami peningkatan yang signifikan. Indikator pencapaian kerja
tercapai dengan optimal. Hasil hipotesis yang berbunyi meningkatkan
kedisiplinan anak usia dini melalui metode pembiasaan di TK A TK IT Kota Wali
Kabupaten Demak.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa meningkatkan
kedisiplinan pada anak meningkat melalui metode pembiasaan. Berdasarkan hasil
penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya Anak TK/RA lebih
optimal dalam menerapkan perilaku disiplin melalui metode pembiasaan pada
anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Jan 2024 03:14
Last Modified: 18 Jan 2024 03:14
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1132

Actions (login required)

View Item
View Item