PENGEMBANGAN E-BOOK PADA TEMA 2 SELALU BERHEMAT ENERGI BERMUATAN SUSTAINABILITY BERBASIS PROJECT UNTUK MENINGKATKAN DIMENSI BERNALAR KRITIS SISWA KELAS IV

SALSABILA, LABIBATUS (2023) PENGEMBANGAN E-BOOK PADA TEMA 2 SELALU BERHEMAT ENERGI BERMUATAN SUSTAINABILITY BERBASIS PROJECT UNTUK MENINGKATKAN DIMENSI BERNALAR KRITIS SISWA KELAS IV. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of LABIBATUS SALSABILA 18120178.pdf] Text
LABIBATUS SALSABILA 18120178.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran di Sekolah Dasar untuk anak diharapkan pada masa transisi
dari era pandemic menuju pasca pandemic bisa berjalan aktif, lebih kreatif
dan berwarna di Sekolah Dasar. Pembelajaran di harapkan bisa memberikan
pengalaman nyata pada anak agar anak bisa melatih daya pikir mereka.
Pembelajaran yang baik di harapkan dapat meningkatkan dimensi bernalar
ktitis siswa dengan adanya penggunaan media pembelajaran yang sesuai
dengan perkembangan zaman pada saat ini.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan
media e-book untuk meningkatkan dimensi bernalar kritis siswa kelas IV.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan desain
penelitian one group pretest postest. Sampel yang diambil adalah 21 peserta
didik kelas IV menggunakan teknik Nonprobability Sampling berbentuk
sampling jenuh.
Hasil validasi ahli materi berdasarkan perhitungan validitas kedua ahli
materi, didapatkan skor “1” dimana terdapat pada interval kategori validitas
sangat tinggi. Sedangkan hasil validasi dari ahli e-book didapatkan skor “1”
dimana terdapat pada interval kategori validitas sangat tinggi. Setelah
menggunakan produk E-Book pada materi energi alternatif yang terdapat pada
Tema 2 Selalu Berhemat Energi dalam proses pembelajaran juga dapat
menstimulasi kemampuan berpikir kritis siswa dapat dilihat dari
perbandingan nilai pretest-posttest yang awalnya nilai rata-rata 40 menjadi 94
dengan ketuntasan KKM secara keseluruhan sebesar 100%. Berdasarkan uji
Wilcoxon, nilai probabilitas bernilai 0,000 <0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha
diterima, artinya terdapat perbedaan rata-rata antara data pretest dan postest,
maka dapat disimpulkan bahwa E-Book pada materi energi alternatif yang
terdapat pada Tema 2 Selalu Berhemat Energi efektif untuk menstimulasi
kemampuan berpikir kritis siswa. Produk E-book dapat diterima siswa dalam
upaya menstimulasi kemampuan berpikir kritis. Hasil angket keberterimaan
E-Book dari siswa rata-rata 97%, sehingga mendapatkan kategori sangat baik.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah E�book pada Tema 2 Selalu Berhemat Energi Subtema 3 Energi Alternatif
pembelajaran 1 dapat menjadi salah satu pilihan media pembelajaran yang
dapat digunakan oleh pendidik dalam pembelajaran kelas IV Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Jan 2024 03:06
Last Modified: 18 Jan 2024 03:06
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1125

Actions (login required)

View Item
View Item