MENGEMBANGKAN PENGENDALIAN EMOSI MELALUI BERCERITA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN KELOMPOK A DI TK DHARMA WANITA DESA GEBANGAN KECAMATAN TEGOWANU KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

KUSRIPAH, KUSRIPAH (2023) MENGEMBANGKAN PENGENDALIAN EMOSI MELALUI BERCERITA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN KELOMPOK A DI TK DHARMA WANITA DESA GEBANGAN KECAMATAN TEGOWANU KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of KUSRIPAH 20156041.pdf] Text
KUSRIPAH 20156041.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya
kreativitas anak mengembangkan emosi didalam kegiatan belajar.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan
metode bercerita yang dilakukan guru dalam mengembangkan sosial emosional
anak di TK Dharma Wanita Gebangan Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian
ini adalah penelitian tindakan kelas dan pengumpulan data berupa perencanaan,
pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini sebanyak 20 anak
kelompok A TK Dharma Wanita Gebangan Tahun Ajaran 2021/2022.
Berdasarkan pembahasan hasil penelitian tindakan tersebut dapat ditarik
kesimpulan bahwa peranan guru dalam pengendalian emosional anak melalui
metode bercerita anak kelompok A TK Dharma Wanita Gebangan dengan
indikator pencapaiannya sebagai berikut: Sebelum tindakan mengembangkan
pengendalian emosi anak pada kriteria kurang sebesar 15% dan mulai
berkembang pada kriteria cukup yaitu 40% pada siklus I. Ketuntasan rasa percaya
diri anak meningkat menjadi kriteria baik sekali pada siklus II dengan nilai 85%
sehingga pembelajaran dapat dikatakan berhasil karena 80% dari 20 jumlah anak
di TK Dharma Wanita Gebangan telah mencapai indikator pengembangan
pengendalian emosi. Dari kegiatan awal sampai akhir dibiasakan anak untuk aktif.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
mengembangkan pengendalian emosi dapat digunakan sebagai salah satu
alternatif guru dalam mengajar.
Kata kunci: media kardus bekas, alat dapur, ketrampilan pengendalian emosi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Jan 2024 03:03
Last Modified: 18 Jan 2024 03:03
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1122

Actions (login required)

View Item
View Item