ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL BERDASARKAN TAHAPAN NEWMAN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Maheswari, Kartika Achya (2023) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL BERDASARKAN TAHAPAN NEWMAN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Kartika Achya Maheswari  19310024.pdf] Text
Kartika Achya Maheswari 19310024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan dan faktor
penyebab terjadinya kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi
sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) berdasarkan tahapan newman
ditinjau dari gaya belajar. Metode yang digunakan adalah metode kualitatiff.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, tes soal cerita dan
wawancara. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 1
Jatiyoso dengan jumlah siswa 22 orang dan diambil 3 siswa sebagai sampel
untuk dianalisis. Berdasarkan hasil analisis angket diperoleh 7 siswa tipe gaya
belajar visual, 9 siswa tipe gaya belajar auditorial dan 5 siswa tipe gaya belajar
kinestetik. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa siswa tipe gaya
belajar visual melakukan kesalahan pada tahapan memahami masalah,
keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir. Siswa tipe gaya belajar
auditorial melakukan kesalahan pada tahapan memahami masalah,
keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir. Siswa tipe gaya belajar
kinestetik melakukan kesalahan pada tahapan memahami masalah. Kesalahan
memamahi masalah disebabkan karena siswa kurang teliti, lupa saat
menentukan apa yang ditanyakan dari soal, pada tahap keterampilan proses
disebabkan karena siswa tidak teliti dan tergesa-gesa saat melakukan
perhitungan, pada tahap penulisan jawaban akhir disebabkan karena salah
perhitungan, tergesa-tergesa, dan tidak mengecek kembali jawabannya.
Kata Kunci : Analisis Kesalahan, Tahapan Newman, Gaya Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Jan 2024 02:52
Last Modified: 18 Jan 2024 02:52
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1113

Actions (login required)

View Item
View Item