EFEKTIVITAS MODEL PBL DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA

KARTINA, KARTINA (2023) EFEKTIVITAS MODEL PBL DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of KARTINA 18310119.pdf] Text
KARTINA 18310119.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Apakah ada perbedaan
efek antara model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan PMR
dan model konvensional terhadap pemahaman konsep matematis siswa (2)
Apakah terdapat perbedaan efek antara tingkat motivasi tinggi, sedang dan rendah
terhadap pemahaman konsep matematis (3) Apakah terdapat interaksi antara
model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap pemahaman konsep matematis
siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Institut
Indonesia Semarang. Teknikpengambilan sampel yang digunakan adalah cluster
random sampling sehingga terpilih kelas VIIC yang diberikan model problem
based leraning dengan pendekatan PMR dan kelas VIID yang diberikan model
pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji
normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, uji anava dua arah, dan uji
lanjut pasca anava. Pada analisis awal, yang diambil dari nilai ulangan harian
siswa menunjukkan bahwa sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal
dan berasal dari populasi yang homogen. Pada analisis data akhir, yang diambil
dari nilai posttest dan angket motivasi belajar siswa, menunjukkan hasil bahwa
pemahaman konsep matematis siswa pada model Problem Based Learning
dengan pendekatan PMR lebih baik daripada model model pembelajaran
konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model Problem Based
Learning dengan pendekatan PMR efektif terhadap pemahaman konsep
matematis siswa.
Kata Kunci: Efektivitas, Problem Based Learning, Pemahaman Konsep
Matematis, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 07:46
Last Modified: 16 Jan 2024 07:46
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1082

Actions (login required)

View Item
View Item