Wicaksono, Welly (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERTIPE HIGHER ORDER THINKING SKILLS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DAN GAYA KOGNITIF. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Welly Wicaksono 18310118.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan
penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal bertipe HOTS ditinjau dari gaya
belajar dan gaya kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif
dengan pendekatan studi kasus (case studies). Subjek penelitian adalah 6 siswa dari
XII MIPA 3 SMA Negeri 2 Brebes. Pemilihan subjek penelitian berdasarkan hasil
pengisian angket gaya belajar siswa menggunakan instrumen angket gaya belajar dan
hasil tes gaya kognitif menggunakan instrumen Matching Familiar Figures Test
(MFFT). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes dan
wawancara yang selanjutnya dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa (1) Siswa dengan gaya belajar visual dan gaya kognitif reflektif
memenuhi empat indikator kemampuan penalaran matematis; (2) Siswa dengan gaya
belajar visual dan gaya kognitif impulsif memenuhi tiga indikator indikator
kemampuan penalaran matematis; (3) Siswa dengan gaya belajar auditori dan gaya
kognitif reflektif memenuhi empat indikator kemampuan penalaran matematis; (4)
Siswa dengan gaya belajar auditori dan gaya kognitif impulsif memenuhi tiga indikator
kemampuan penalaran matematis; (5) Siswa dengan gaya belajar kinestetik dan gaya
kognitif reflektif memenuhi enam indikator kemampuan penalaran; (6) Siswa dengan
gaya belajar kinestetik dan gaya kognitif impulsif memenuhi lima indikator
kemampuan penalaran matematis.
Kata Kunci: kemampuan penalaran matematis, soal HOTS, gaya belajar, gaya
kognitif
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 03 Jan 2024 06:14 |
Last Modified: | 03 Jan 2024 06:14 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/106 |