PENGGUNAAN CONFIRMATORY FACTOR ANALYSIS (CFA) UNTUK MENGIDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MATHEMATICS ANXIETY PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Khildatussifa, Hilma (2023) PENGGUNAAN CONFIRMATORY FACTOR ANALYSIS (CFA) UNTUK MENGIDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MATHEMATICS ANXIETY PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Hilma Khildatussifa 19310105.pdf] Text
Hilma Khildatussifa 19310105.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur dan hasil identifikasi
faktor-faktor yang mempengaruhi mathematics anxiety siswa sekolah menengah
pertama dengan menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA), juga
menambah wawasan khazanah penelitian dengan penggunaan CFA dalam dunia
pendidikan yang masih jarang sekali digunakan. Metode yang digunakan adalah
metode kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan survey, observasi,
atau wawancara. Sampel data dalam penelitian ini lebih objektif dan terstruktur
yang dapat berupa grafik, tabel atau matriks, laporan dan angka yang dapat diukur
nilainya. Adapun hasil dari penelitian ini adalah Confirmatory Factor Analysis
(CFA) dapat digunakan sebagai model pengukuran untuk mengidentifikasi
mathematics anxiety. Adapun faktor dan indikator yang mempengaruhi
mathematics anxiety pada siswa yaitu ; a) Math knowledge yang memuat indikator
kepercayaan diri siswa, rasa kebingungan pada siswa, tingkat konsentrasi siswa,
b) Psikologis yang memuat indikator berupa rasa kegelisahan siswa, rasa
kegugupan siswa, dan tingkat ketakutan siswa, c) Fisiologis siswa yang meeliputi
menolak mengerjakan soal matematika, dan menghindari pembelajaran, d)
Lingkungan yang memuat indikator dukungan orangtua dan karakteristik guru,
itulah faktor-faktor yang dapat digunakan sebagai alat untuk mengidentifikasi
mathematics anxiety pada siswa sekolah menengah pertama.
Kata Kunci : Confirmatory Factor Analysis, Mathematics Anxiety, Sekolah
Menengah Pertama

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 07:00
Last Modified: 16 Jan 2024 07:00
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1043

Actions (login required)

View Item
View Item