PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID DENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA PADA SISWA SMP

Zulaikha, Isnaini (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID DENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA PADA SISWA SMP. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Isnaini Zulaikha 19310143.pdf] Text
Isnaini Zulaikha 19310143.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan sarana bantu dalam proses belajar mengajar antara guru dan
peserta didik. Penelitian ini memiliki tujuan menghasilkan produk berupa media pembelajaran
matematika berbasis android menggunakan MIT Inventor dengan pendekatan Etnomatematika
pada Siswa SMP yang memenuhi kriteria valid, praktis serta efektif. Penelitian ini merupakan
penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan metode ADDIE yang
terdiri dari 5 tahap yaitu: 1) Analisis, 2) Perancangan (Design), 3) Pengembangan (Development),
4) Implementasi, dan 5) Evaluasi. Penelitian ini menggunakan 2 validasi yaitu validasi media dan
validasi materi oleh 2 validator. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Teuku Umar Semarang
kelas VIII .2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII. 1 sebagai kelas kontrol. Hasil dari
penelitian menunjukan kevalidan media dan materi yang diuji oleh 2 validator mendapatkan
persentase sebesar 86,25% untuk media dan 86,7% untuk materi dengan kriteria sangat baik. Pada
angket kepraktisan yang dilakukan pada kelas eksperimen dengan 26 responden mendapatkan
persentase sebesar 91,15% menunjukkan kriteria sangat baik. Keefektifan media dilakukan melalui
post test kemudian dilanjutkan dengan Uji T dan KBI, KBK pada hasil post-test siswa. Hasil
menunjukkan bahwa rerata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari hasil belajar kelas
kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika berbasis android
dengan pendekatan Etnomatamtika pada siswa SMP layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata kunci : Etnomatematika, Pengembangan Media Pembelajaran, MIT Inventor

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 06:52
Last Modified: 16 Jan 2024 06:52
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1035

Actions (login required)

View Item
View Item