Asyhar, Ariful (2023) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN “GO-PONG” UNTUK MENINGKATKAN TINGKAT KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN TENIS MEJA DI SMPN 1 JUWANA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Ariful Asyhar 15230032.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Latar belakang didasari belum maksimalnya pembelajaran pjok materi tenis
meja di SMPN 1 Juwana. Tujuan dari peneltian ini untuk mengetahui efektifitas
penggunaan media pembelajaran”go-pong” untuk meningkatkan aspek kognitif
siswa pada mata pelajaran tenis meja di SMPN 1 Juwana.
Jenis penelitian ini kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimenal
design. Populasi siswa kelas VIII SMPN 1 Juwana yang berjumlah 289 siswa dan
pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel 58
siswa. Instrumen tes menggunakan angket soal kognitif.
Hasil dari uji normalitas pretest kelas kontrol 0,144 dan kelas eksperimen 0,150
berdistribusi normal dengan nilai t tabel 0,162 sedangkan uji normalitas postest
kelas kontrol 0,150 dan kelas eksperimen 0,156 berdistribusi normal dengan nilai t
tabel 0,162. Selain itu uji homogenitas kedua kelompok memiliki varian yang sama
(homogen)
Simpulan hasil nilai mean pretest postest mengalami peningkatan dan
penggunaan media pembelajaran”go-pong” untuk meningkatkan aspek kognitif
siswa pada mata pelajaran tenis meja di SMPN 1 Juwana efektif. Saran bagi guru
dan pihak sekolah dapat menjadikan aplikasi ini sebagai media untuk meningkatkan
hasil belajar tenis meja dan bagi siswa untuk meningkatkan nilai kognitif materi
tenis meja.
Kata kunci : Kognitif, Media Go-Pong, Pembelajaran Tenis Meja.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 06:49 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 06:49 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1030 |