ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERTIPE HOTS BERDASARKAN GAYA KOGNITIF

Sa’adati, Isna (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERTIPE HOTS BERDASARKAN GAYA KOGNITIF. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ISNA SA'ADATI 19310077.pdf] Text
ISNA SA'ADATI 19310077.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dalam
menyelesaikan masalah matematika bertipe HOTS berdasarkan gaya kognitif
reflektif dan impulsif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam
penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 34 Semarang yang terdiri dari dua
siswa, satu siswa dengan gaya kognitif refektif dan satu siswa dengan gaya kognitif
impulsif. Pemilihan subjek dipilih bersadarkan hasil tes Matching Familiar Figures
Test (MFFT) guna mengetahui gaya kognitif siswa yang diperoleh 2 siswa dari 31
siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan
keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dengan melakukan tes dan
wawancara untuk memunculkan kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif reflektif memunculkan indikator
berpikir kritis focus, reason, inference, situation, dan clarity, namun belum
memunculkan indikator overview. Sedangkan siswa dengan gaya kognitif impulsif
belum memunculkan semua indikator berpikir kritis FRISCO (focus, reason,
inference, situation, clarity, dan overview).
Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, HOTS, Gaya Kognitif

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 06:47
Last Modified: 16 Jan 2024 06:47
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1028

Actions (login required)

View Item
View Item