SETIYOWATI, ARI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN PERMAINAN INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (STUDI DESKRIPTIF TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 ROWOSARI KABUPATEN KENDAL TAHUN 2023). Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ARI SETIYOWATI 19210013.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran masih terlihat siswa yang
jarang terlibat dalam kegiatan pembelajaran secara optimal. Kegiatan
pembelajaran didominasi guru dalam penyampaian materi pembelajaran dengan
media seadanya. Hal ini mengakibatkan pembelajaran kurang maksimal sehingga
pemahaman siswa tentang materi sub bab 6 Negara Kesatuan Republik Indonesia
sebagai satu kesatuan belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together
dengan Permainan Index Card Match terhadap hasil belajar peserta didik kelas
VIII pada materi materi sub bab 6 Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai
satu kesatuan di SMP Negeri 1 Rowosari.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode
penelitian Quasi eksperimen dengan melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen
yang menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT)
dengan Permainan Index Card Match dan kelas kontrol menggunakan metode
konvensional (ceramah). Desain penelitian menggunakan The Matching Only
Pretest-Posttest control group design. Populasinya adalah seluruh kelas VIII yang
berjumlah lima kelas. Sampel yang diambil dalam penelitian ini terdiri dari 2
kelas yakni kelas VIII B (kelas kontrol) dan kelas VIII D (kelas eksperimen).
Berdasakan hasil penelitian yang telah dilakukan, nilai rata-rata hasil
belajar dengan menggunakan model Numbered Heads Together (NHT) dengan
Permainan Index Card Match lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan
metode konvensional (ceramah), hal ini terlihat pada hasil tingkat persentase
ketercapaian skor siswa di kelompok eksperimen sebelum pembelajaran adalah
21,88%. Setelah mereka diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran
Numbered Head Together dengan permainan Index Card Match, tingkat
persentase ketercapian skor siswa meningkat sebesar 65,62%. Adapun tingkat
persentase ketercapaian skor siswa kelompok kontrol model konvensional sebesar
18,75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peningkatan persentase
ketercapaian skor siswa kelompok eksperimen yang mendapat model Numbered
Head Together dengan permainan Index Card Match lebih tinggi dibandingkan
ketercapaian peningkatan persentase ketercapaian skor kelompok kontrol yang
mendapat pembelajaran secara konvensional.
Kata Kunci: Model pembelajaran, Numbered Heads Together, Index Card Match, hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 06:25 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 06:25 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1008 |