ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MENGGUNAKAN MULTIPLE SOLUTION TASK (MST) DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA SMP

Irenata, Gridenty Emasafira (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MENGGUNAKAN MULTIPLE SOLUTION TASK (MST) DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA SMP. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of GRIDENTY EMASAFIRA IRENATA 19310089.pdf] Text
GRIDENTY EMASAFIRA IRENATA 19310089.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif
siswa SMP yang memiliki kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah
dalam menyelesaikan masalah multiple solution task. Penelitian ini dilakukan pada
siswa kelas VIII SMP di SMP Muhammadiyah 8 Karanggede dengan jumlah 18
siswa yang dipilih secara purposive sampling dengan pertimbangan guru
matematika. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 6 subjek yaitu dua subjek
dengan kemampuan matematika tinggi, dua subjek dengan kemampuan matematika
sedang, dan dua subjek dengan kemampuan matematika rendah. Penelitian ini
menggunakan teknik pengumpulan data dengan tes tertulis, wawancara dan
dokumentasi. Teknik penelitian yang digunakan dalam analisis adalah reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data
menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) siswa
dengan kemampuan matematika tinggi subjek AHL mampu memunculkan tiga
indikator berpikir kreatif yaitu kelancaran, keluwesan dan kebaruan, sedangkan
subjek KPM hanya mampu memunculkan dua indikator berpikir kreatif yaitu
kefasihan dan keluwesan . 2) siswa dengan kemampuan matematika sedang subjek
SAK dan SM hanya memunculkan dua indikator berpikir kreatif yaitu kelancaran
dan keluwesan. 3) siswa dengan kemampuan matematika rendah subjek RDS dan
MYB hanya memunculkan satu indikator berpikir kreatif yaitu kelancaran.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Multiple Solution Task, Kemampuan
Matematika

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 04:53
Last Modified: 16 Jan 2024 04:53
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/999

Actions (login required)

View Item
View Item