ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA DI SEKOLAH PENGGERAK KABUPATEN DEMAK

Setiyaningsih, Indah Ika (2023) ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA DI SEKOLAH PENGGERAK KABUPATEN DEMAK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of INDAH IKA SETIYANINGSIH 18320032.pdf] Text
INDAH IKA SETIYANINGSIH 18320032.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Menteri pendidikan dan kebudayaan riset dan teknologi RI Nadiem Anwar
Makarim secara resmi telah meluncurkan nama baru dari kurikulum prototipe
yang saat ini diubah menjadi Kurikulum Merdeka. Kurikulum ini menekankan
keleluasaan kepada peserta didik maupun guru dalam melaksanakan
pembelajaran. Kurikulum merdeka merupakan kurikulum baru yang akan
dilaksanakan pada satuan pendidikan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui kesiapan guru Biologi SMA di Sekolah Penggerak Kabupaten Demak
dalam melaksanakan pembelajaran kurikulum merdeka. Penelitian ini merupakan
penelitian kualitatif. Subjek adalah semua guru Biologi SMA di Sekolah
Penggerak Kabupaten Demak. Objek penelitian ini berupa bentuk kesiapan dalam
melaksanakan pembelajaran kurikulum merdeka. Teknik dalam pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Hasil penelitian bahwa kesiapan guru dalam implementasi
Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Biologi SMA di Sekolah Penggerak
Kabupaten Demak berada pada kategori siap, hal ini dilihat dari indikator
kesiapan yang menunjukkan kepemahaman tentang sturuktur dan materi biologi
Kurikulum Merdeka, siap dalam penggunaan buku Kurikulum Merdeka, siap
dalam perencanaan pembelajaran, siap dalam manajemen pembelajaran, siap
dalam proses pembelajaran, dan siap dalam proses penilaian. Kendala-kendala
yang dihadapi guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran
Biologi SMA di Sekolah Penggerak Kabupaten Demak yaitu materi biologi yang
banyak dengan waktu yang singkat, keterbatasan waktu dalam diskusi oleh siswa,
guru mengalami kendala dalam melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi
dikarenakan jumlah siswa yang melebihi kapasitas, dan sarana prasarana yang
belum optimal.
Kata Kunci: kesiapan guru, kurikulum merdeka, pembelajaran biologi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 04:39
Last Modified: 16 Jan 2024 04:39
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/984

Actions (login required)

View Item
View Item