KURNIANINGSIH, INDAH AGUSTINA (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PANTUN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 DEMPET DEMAK TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
INDAH AGUSTINA KURNIANINGSIH 19410054.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Indah Agustina Kurnianingsih, NPM 19410054. “Penerapan Model Problem
Based Learning dalam Pembelajaran Menulis Pantun pada Siswa Kelas VII SMP
Negeri 2 Dempet Demak Tahun Pelajaran 2022/2023”. Skripsi. Fakultas
Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Drs.
Suyoto, M.Pd., dan pembimbing II Latif Anshori Kurniawan, S.Pd., M.Pd. Juli
2023.
Kata kunci : Penerapan Model Problem Based Learning, menulis pantun.
Penelitian ini dilatarbelakangi untuk meningkatkan pembelajaran menulis
pantun bahasa Indonesia siswa kelas VII SMP Negeri 2 Dempet Demak melalui
model problem based learning tahun pelajaran 2022/2023. Penerapan model
problem based learning diharapkan mampu mempermudah siswa dalam
memahami materi dan kemampuan menulis pantun. Melalui model problem based
learning peningkatan yang terjadi dapat dilihat berdasarkan dari proses maupun
hasil.
Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah hasil
penerapan model problem based learning dalam pembelajaran menulis pantun
kelas VII SMP Negeri 2 Dempet Demak Tahun Pelajaran 2022/2023? Adapun
tujuan penelitian ini, yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model problem based
learning dalam pembelajaran menulis pantun kelas VII SMP Negeri 2 Dempet
Demak Tahun Pelajaran 2022/2023.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan
pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 27 siswa dengan
sampel peserta didik kelas VII H SMP Negeri 2 Dempet Demak. Teknik
pegumpulan data penelitian ini adalah teknik nontes menggunakan observasi,
angket, dan dokumentasi serta teknik tes sebagai pendukung.
Hasil penerapan menunjukan bahwa penerapan model problem based
learning dalam pembelajaran menulis pantun mampu menarik perhatian siswa,
proses pembelajaran berjalan dengan kondusif dan tidak monoton. Selain itu, siswa
mampu berfikir kritis, logis, dalam memecahkan sebuah masalah. Data yang
diperoleh dalam menulis pantun nilai tertinggi 100, nilai terendah 77, danjumlah
keseluruhan 2506 dengan nilai rata-rata 93.
Saran yang dapat penulis sampaikan adalah sebaai pedoman model
pembelajaran menulis pantun salah satunya menggunakan model problem based
leraning dalam upaya memperbaiki hasil belajar siswa dan memfasilitasi siswa
dalam menggembangkan Bahasa Indonesia khusunya materi menulis pantun.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 04:36 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 04:36 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/981 |