KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MICROSOFT TEAMS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI USAHA DAN ENERGI SISWA SMA N 1 TAHUNAN

SHOLIHAH, INAYAH „AMILATUS (2023) KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MICROSOFT TEAMS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI USAHA DAN ENERGI SISWA SMA N 1 TAHUNAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of INAYAH 'AMILATUS SHOLIHAH 17330013.pdf] Text
INAYAH 'AMILATUS SHOLIHAH 17330013.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kegiatan menghafal dalam pembelajaran fisika pada dasarnya kurang
sesuai dengan hakikat belajar fisika karena tidak meliputi proses, produk dan
sikap ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model
Problem Based Learning berbantu Microsoft Teams untuk meningkatkan hasil
belajar pada materi Usaha dan Energi siswa SMA N 1 Tahunan.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi-experoment)
dengan rancangan one grup pretest and posttest design. Teknik sampling yang
digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan sampel siswa
kelas X IPA 6 SMA Negeri 1 Tahunan Jepara. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan dua teknik yakni non test dan test. Tes yang
digunakan berupa soal latihan pilihan ganda berdasarkan lembar kegiatan peserta
didik (LKPD). Analisis data penelitian ini antara lain uji validitas soal tes, uji
prasyarat, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukan hasil pretest materi Usaha dan Energi
menunjukan rata-rata skor 59,41, nilai terendah 25 dan nilai tertinggi yaitu 90
dengan nilai standar deviasi sebesar 14.022. Sedangkan hasil tes setelah perlakuan
PBL menunjukan peningkatan rata-rata yaitu sebesar 86,03, nilai terendah 70,
nilai tertinggi 95 dan nilai standar deviasi sebesar 8.237. Pada hasil uji beda t test
antara kelompok pretest dengan posttest hasil belajar materi Usaha dan Energi
menunjukan nilai 0,000 < 0,05 dan nilai sebesar (10.008) lebih besar dari
nilai (2.0301) yang berarti hipotesis (Ha) dapat diterima. Sehingga model
problem Based Learning berbantu Microsoft Teams efektif untuk meningkatkan
hasil belajar pada materi Usaha dan Energi siswa SMA N 1 Tahunan.
Kata Kunci : Problem Based Learning, Microsoft Team, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 04:33
Last Modified: 16 Jan 2024 04:33
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/979

Actions (login required)

View Item
View Item