UPAYA PEMANFAATAN BARANG BEKAS KARDUS UNTUK MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN KOLASE DI KELOMPOK A TK IQ ATTIBYAN KUDU GENUK SEMARANG

Ulya, Inarotul (2023) UPAYA PEMANFAATAN BARANG BEKAS KARDUS UNTUK MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN KOLASE DI KELOMPOK A TK IQ ATTIBYAN KUDU GENUK SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Inarotul Ulya 20156006.pdf] Text
Inarotul Ulya 20156006.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

INAROTUL ULYA. NPM 20156006 “Upaya Pemanfaatan Barang Bekas
Kardus Untuk Mengembangkan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase Di
Kelompok A TK IQ Attibyan Kudu Genuk Semarang. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang Tahun 2022.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kenyataan di
lapangan banyak anak yang masih rendah kemampuannya dalam motorik halus.
Hal tersebut disebabkan kurangnya metode pembelajaran yang efektif di masa
pandemi covid-19 dalam mengoptimalkan kemampuan motorik halus anak.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah tentang upaya pemanfaatan
barang bekas kardus untuk mengembangkan motorik halus melalui kegiatan
kolase di kelompok A TK IQ Attibyan Kudu Genuk Semarang. Tujuan yang
hendak dicapai adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik halus melalui
pemanfaatan barang bekas kardus dengan kegiatan kolase di kelompok A TK IQ
Attibyan Kudu Genuk Semarang.
Jenis Peneliatian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian
adalah anak TK IQ Attibyan di Kelompok A Berjumlah 10 anak yang terdiri dari
4 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Pengumpulan data berupa perencanaan,
pelaksaaan, observasi, dan refleksi.
Peningkatan kemampuan motorik halus dikatakan berhasil apabila
persentasi kemampuan motorik halus mencapai 80%. Hasil penelitian dengan
menggunakan dua siklus diperoleh peningkatan kemampuan motorik halus
dengan kegiatan kolase. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan
kemampuan motorik halus dari prasiklus 10% kemudian pada siklus I meningkat
menjadi 40% dan pada siklus II meningkat sebesar 80% . Kesimpulannya bahwa
kemampuan motorik halus dalam pemanfaatan barang bekas kardus meningkat
melalui kegiatan kolase.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya kegiatan bermain kolase dapat meningkat serta digunakan sebagai salah
satu alternatif guru TK IQ Attibyan dalam meningkatkan kemampuan motorik
halus.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 04:30
Last Modified: 16 Jan 2024 04:30
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/976

Actions (login required)

View Item
View Item