PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK BRAINSTORMING TERHADAP PEMAHAMAN BAHAYA MINUMAN KERAS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA INSTITUT INDONESIA

SORYAKHUSNA, AOFA (2023) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK BRAINSTORMING TERHADAP PEMAHAMAN BAHAYA MINUMAN KERAS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA INSTITUT INDONESIA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of AOFA SORYAKHUSNA 18110090.pdf] Text
AOFA SORYAKHUSNA 18110090.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi beberapa masalah, yaitu: 1) terdapat beberapa
peserta didik pernah mengkonsumsi minuman keras, yaitu sebesar 19% dalam
kategori sangat kurang; 2) peserta didik yang memahami jenis-jenis minuman
keras hanya sebesar 23% masih dalam kategori kurang; dan 3) pemberian layanan
bimbingan kelompok sudah pernah dilaksanakan, akan tetapi terkait pemahaman
bahaya minuman keras belum dilaksanakan secara berkelanjutan. Tujuan
penelitian ini adalah: untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok teknik
brainstorming terhadap pemahaman bahaya minuman keras peserta didik kelas XI
SMA Institut Indonesia.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Pre-
Experimental Designs tipe One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam
penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA berjumlah 51 peserta didik,
terdiri dari kelas XI MIPA 1 berjumlah 25 peserta dan kelas XI MIPA 2
berjumlah 26 peserta. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA 2 di
SMA Institut Indonesia berjumlah 26 peserta. Teknik sampling yang digunakan
adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik
non tes dengan angket pemahaman bahaya minuman keras. Teknik analisis data
menggunakan statistik deskriptif. Uji hipotesis menggunakan uji Paired sampel t-
test.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh bimbingan kelompok
dengan teknik brainstorming terhadap pemahaman bahaya minuman keras peserta
didik kelas XI SMA Institut Indonesia. Pengaruh layanan bimbingan kelompok
teknik brainstorming terhadap pemahaman bahaya minuman keras peserta didik
kelas XI SMA Institut Indonesia, diperoleh perbedaan rata-rata mean pre-test
sebesar 79,85 atau 80% dan rata-rata mean post-test sebesar 94,65 atau 95%,
maka diperoleh peningkatan rata-rata mean sebesar 14,808 atau 15%.
Kata kunci: bimbingan kelompok teknik brainstorming, pemahaman bahaya minuman keras

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 04:15
Last Modified: 16 Jan 2024 04:15
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/962

Actions (login required)

View Item
View Item