ANALISIS KESULITAN BELAJAR OPERASI HITUNG PEMBAGIAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 03 SAMBUNG KABUPATEN GROBOGAN

HIDAYAH, ANNISAK MIFTAKHUL (2023) ANALISIS KESULITAN BELAJAR OPERASI HITUNG PEMBAGIAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 03 SAMBUNG KABUPATEN GROBOGAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ANNISAK MIFTAKHUL HIDAYAH 19120020.pdf] Text
ANNISAK MIFTAKHUL HIDAYAH 19120020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah masih ditemukan
kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal pembagian pada pelajaran
matematika kelas IV materi operasi hitung.Permasalahan pada penelitian ini
adalah apa saja kesulitan yang dialami siswa kelas IV SDN 03 Sambung
Kabupaten Grobogan dalam menyelesaikan operasi hitung pembagian dan faktor
apa saja yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar dalam operasi
hitung pembagian pada siswa kelas IV SDN 03 Sambung Kabupaten Grobogan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja kesulitan yang dialami
siswa kelas IV SDN 03 Sambung Kabupaten Grobogan dalam menyelesaikan
operasi hitung pembagian dan untuk mengetahui faktor apa saja yang
menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar dalam operasi hitung pembagian
pada siswa kelas IV SDN 03 Sambung Kabupaten Grobogan.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Menggunakan metode tes,
wawancara, dan angket. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 03
Sambung Kabupaten Grobogan. Hasil Penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN
03 Sambung Kabupaten Grobogan yang berjumlah 19 siswa yang mengalami
kesulitan adalah 11 siswa. Dalam penelitian terdapat beberapa temuan yaitu: (1)
kesulitan belajar operasi hitung pembagian yang dialami siswa kelas IV SDN 03
Sambung Kabupaten Grobogan. (2) faktor yang menyebabkan siswa mengalami
kesulitan belajar operasi hitung pembagian pada siswa kelas IV SDN 03 Sambung
Kabupaten Grobogan.
Saran yang disampaikan yaitu kepada guru untuk bisa lebih memahami
kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam pemecahan masalah matematika
materi operasi hitung pembagian. Saran kepada siswa yaitu lebih teliti dan
memahami dalam mengerjakan soal agar tidak keliru atau salah dalam
mengerjakan soal, dari kesalahan yang dialami siswa dapat menjadikan pelajaran
agar lebih baik dari sebelumnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 04:07
Last Modified: 16 Jan 2024 04:07
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/954

Actions (login required)

View Item
View Item