UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI SENI TARI DI TK NEGERI PEMBINA KECAMATAN GAJAH KELOMPOK B1 USIA 5-6 TAHUN

Noviana, Erna (2023) UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI SENI TARI DI TK NEGERI PEMBINA KECAMATAN GAJAH KELOMPOK B1 USIA 5-6 TAHUN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ERNA NOVIANA 20156025.pdf] Text
ERNA NOVIANA 20156025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ERNA NOVIANA. NPM 20156025 “Upaya Meningkatkan
Perkembangan Sosial Emosional Anak Melalui Seni Tari Di TK Negeri
Pembina Kecamatan Gajah Kelompok B1 Usia 5-6 Tahun” Skripsi Program
Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendididkan
Universitas PGRI Semarang.Dosen Pembimbing I Muniroh Munawar, S.Pi., M.Pd.
Dosen Pembimbing II Dwi Prasetiyawati D.H, S.Pd, M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya tingkat sosial
emosional anak yang disebabkan dari media pembelajaran yang digunakan guru dalam
proses pembelajaran masih belum optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk
meningkatkan sosial emosional anak kelompok B1 melalui kegiatan seni tari di TK
Negeri Pembina Kecamatan Gajah Demak Tahun Pelajaran 2022/2023.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan pengumpulan data
berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini
sebanyak 15 anak kelompok B1 di TK Negeri Pembina Kecamatan Gajah
Kabupaten Demak Tahun Ajaran 2022/2023. Dari hasil akhir dengan
menggunakan teknik dua siklus diperoleh hasil peningkatan perkembangan sosial
emosional anak anak pada siklus I perkembangan sosial emosional anak mencapai
presentase 42,22% yaitu 6 anak yang berkembang sesuai harapan dan siklus II
perkembangan sosial emosional anak meningkat mencapai 75,55% yaitu 11 anak
yang berkembang sesuai harapan. Hasil peningkatan perkembangan sosial
emosional anak pada siklus I perkembangan sosial emosional anak mencapai
presentase 2.96% yaitu 1 anak yang berkembang sangat baik. dan siklus II
perkembangan sosial emosional anak mencapai 14,82% yaitu 2 anak yang
berkembang sangat baik Perkembangan sosial emosional anak mengalami
peningkatan yang signifikan. Indikator pencapaian kerja tercapai dengan optimal.
Hasil hipotesis yang berbunyi kemampuan sosial emosional anak meningkat
melalui seni tari pada anak kelompok B1 di TK Negeri Pembina Kecamatan
Gajah Kabupaten Demak Tahun Ajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil penelitian
dapat disimpulkan bahwa perkembangan sosial emosional pada anak meningkat
melalui seni tari
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya Anak TK lebih optimal dalam kegiatan seni tari, untuk meningkatakan
perkembngan sosial emosional pada anak.
Kunci : sosial emosional, seni tari.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 04:06
Last Modified: 16 Jan 2024 04:06
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/953

Actions (login required)

View Item
View Item