PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI MINNIE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 4 – 5 TAHUN

ANNISA, FAIRUZ (2023) PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI MINNIE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 4 – 5 TAHUN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of FAIRUZ ANNISA 19150030.pdf] Text
FAIRUZ ANNISA 19150030.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang yang mendorong penelitian dan pengembangan ini adalah 1)
Pembelajaran Membaca Permulaan hanya didorong melalui poster 2) Media dan
Permainan masih terbatas yang sesuai untuk pengenalan huruf pun kurang menarik
dan perlu pengembangan. Berdasarkan permasalahan yang ada untuk
mengembangkan produk media yaitu Pengembangan Media Animasi Minnie
Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 4 – 5 Tahun dengan
rumusan masalah yaitu 1) Bagaimana mengembangkan media animasi untuk
stimulasi kemampuan membaca permulaan pada anak usia dini? 2) Bagaimana
mengimplementasikan media animasi yang dapat mengembangkan kemampuan
membaca permulaan pada anak usia dini? 3) Bagaimana mengevaluasi penggunaan
media animasi yang dapat mengembangkan kemampuan membaca permulaan pada
anak usia dini?
Tujuan yang hendak dicapai pada penelitian yaitu 1) Untuk mengembangkan
konten video animasi untuk stimulasi kemampuan membaca permulaan pada anak
usia dini. 2) Untuk mengimplementasikan konten video animasi yang dapat
mengembangkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia dini. 3) Untuk
mengevaluasi penggunaan video animasi yang dapat mengembangkan kemampuan
membaca permulaan pada anak usia dini.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian
ADDIE yang dikemukakan oleh Tegeh, dkk (2019: 42) dengan tahapan penelitian
yang dilakukan meliputi: 1) Analysis (analisis), 2) Design (Desain), Development
(Pengembangan), 4) Implementati on (Implementasi) , dan 5) Evaluation
(Evaluasi).
Berdasarkan pada pengembangan yang dilakukan, maka karakteristik dari
Pengembangan Media Animasi Minnie Terhadap Kemampuan Membaca
Permulaan Anak Usia 4 – 5 Tahun yaitu media pembelajaran yang dikembangkan
dengan menggunakan aplikasi Power Point berdasarkan model pengembangan
Tegeh, dkk (2019: 42). Hasil penelitian menunjukan penilaian oleh validasi oleh
ahli media dan ahli materi memperoleh presentase rata-rata sebesar 100% dengan
kriteria sangat valid. Adapun hasil uji coba terbatas dengan responden yang relevan
pada hasil instrumen responden memperoleh presentase rata-rata 98% dengan
kriteria sangat baik dan rata-rata hasil instumen observasi anak terkait membaca
permulaan memperoleh presentase rata-rata 100% dengan kriteria sangat baik.
Kesimpulan berdasarkan presentase perolehan hasil uji validasi dan uji
lapangan bahwa pengembangan produk Media Animasi Minnie Terhadap
Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 4 – 5 yang dapat digunakan sebagai
media pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 04:05
Last Modified: 16 Jan 2024 04:05
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/951

Actions (login required)

View Item
View Item