ANALISIS PENDAMPINGAN ORANGTUA DALAM PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA 2-5 TAHUN

MUNA, IKA NAILUL (2023) ANALISIS PENDAMPINGAN ORANGTUA DALAM PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA 2-5 TAHUN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Ika Nailul Muna 18150010.pdf] Text
Ika Nailul Muna 18150010.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

IKA NAILUL MUNA. NPM 18150010. “Analisis Pendampingan Orangtua
dalam Penggunaan gadget pada Anak Usia 2-5 Tahun”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini yaitu mengenai
pendampingan orangtua dalam penggunaan gadget pada anak. Di Era sekarang
banyaknya orang tua yang bekerja, baik ayah maupun ibu karena keterbatasan
ekonomi. Sehingga anak di asuh dengan nenek atau keluarga besar lainnya
dimana mereka beranggapan “ yang penting diam “ mereka memberikan gadget
supaya anak lebih tenang.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “ bagaimana pendampingan
orang tua dalam mendampingi anak usia 2-5 tahun bermain gadget?. Tujuan yang
hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pendampingan
orang tua pada anak usia 2-5 tahun saat bermain gadget.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data dalam
penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan pendampingan orangtua dalam penggunaan
gadget anak usia 2-5 tahun yaitu terdapat beberapa orangtua yang mampu
mendampingi anak dengan menemani anak disampingnya dan dapat memilihkan
aplikasi yang akan digunakan serta memberikan durasi berapa lama untuk
menggunakan gadget, selanjutnya terdapat orangtua yang memberikan
kepercayaan kepada anak bahwa ia menggunakan gadget tidak hanya untuk
hiburan saja, namun dapat menambah pengetahuan seperti bertambahnya kosakata
atau menambah bahasa baru yang orangtua tidak mengajari anak, berikutnya
terdapat pula orangtua yang justru memberikan gadget dengan di dampingi untuk
belajar karena anak dapat memahami dan mengingat dengan mudah, kemudian
terdapat orangtua yang mendampingi anak dengan disambi mengerjakan
pekerjaan rumah, serta terdapat orangtua yang belum paham mengenai
pendampingan orangtua dalam penggunaan gadget pada anak karena kurangnya
pengetahuan orangtua sehingga anak dibiarkan bermain gadget sendiri.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
orang tua hendaknya lebih banyak meluangkan waktu untuk anak, kemudian
orangtua dapat lebih berperan lagi dalam pendampingan menggunakan gadget.
Untuk itu pemanfaatan teknologi dalam pendidikan anak usia dini dapat dilakukan
secara bijak oleh orang tua, dan pemanfaatan teknologi ini disesuaikan dengan
tahap perkembangan anak, karena teknologi dapat digunakan sebagai media
dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 04:01
Last Modified: 16 Jan 2024 04:01
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/947

Actions (login required)

View Item
View Item