UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINS ANAK USIA DINI MELALUI METODE PROYEK DI KELOMPOK BERMAIN KUWONDOGIRI DESA BLAMBANGAN KECAMATAN BAWANG KABUPATEN BANJARNEGARA

FESTIYAWATI, IDA QOYYAFA (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINS ANAK USIA DINI MELALUI METODE PROYEK DI KELOMPOK BERMAIN KUWONDOGIRI DESA BLAMBANGAN KECAMATAN BAWANG KABUPATEN BANJARNEGARA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of IDA QOYYAFA FESTIYAWATI 21156077.pdf] Text
IDA QOYYAFA FESTIYAWATI 21156077.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

IDA QOYYAFA FESTIYAWATI NPM 21156077. “Upaya Meningkatkan
Kemampuan Sains Anak Melalui Metode Proyek pada Kelompok Bermain
Kuwondogiri Blambangan Banjarnegara”. Skripsi Program Studi Pendidikan
Guru PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Universitas PGRI Semarang 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya
kemampuan sains anak dalam aktifitas yang bersifat eksploratif. Hal tersebut
disebabkan keterbatasan ide dalam pembelajaran sains dengan menggunakan
metode proyek.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Kemampuan sains anak masih rendah
dalam aktifitas yang bersifat eksploratif, 2) Kurangnya kemampuan anak dalam
mengembangkan keterampilan dasar seperti merencanakan suatu ide atau gagasan,
3) Kurangnya sikap kritis dan keingintahuan anak, 4) Metode proyek jarang
digunakan di sekolah, 5) Metode proyek belum menggunakan alat dan bahan yang
menarik. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk
meningkatkan kemampuan sains anak melalui metode proyek.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pada penelitian ini
analisis data dilakukan bersifat deskripsi dari hasil observasi dan wawancara. Data
yang di analisis berupa peningkatan kemampuan sains anak usia dini dengan
metode proyek.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan kemampuan
sains anak meningkat. Hal ini didukung oleh adanya persentase kemampuan sains
anak pada kondisi awal 0% kemudian pada pada siklus I persentase meningkat
lagi menjadi 30% dan pada siklus II persentase meningkat lagi menjadi 80% dan
mencapai indikator yang ditentukan.
Dari hasil penelitian ini saran yang bisa disampaikan adalah supaya
metode pembelajaran proyek dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan
sains anak usia dini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:55
Last Modified: 16 Jan 2024 03:55
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/941

Actions (login required)

View Item
View Item