HUBUNGAN ANTARA PERCAYA DIRI DENGAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 9 SEMARANG

Ningrum, Esti Kartina (2023) HUBUNGAN ANTARA PERCAYA DIRI DENGAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 9 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ESTI KARTINA NINGRUM 19110158.pdf] Text
ESTI KARTINA NINGRUM 19110158.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian Hubungan Antara Percaya Diri Dengan Penyesuaian Diri Siswa
Kelas X Di SMK N 9 Semarang di latar belakangi oleh siswa yang sukar dalam
mencari teman baru dan enggan mendekati teman-teman yang lain, selain itu
banyak siswa yang enggan bertanya di kelas saat jam pelajaran berlangsung,
dikarenakan siswa tidak berani dan kurang percaya diri untuk meminta penjelasan
ulang. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah (1) mengetahui
tingkat percaya diri siswa kelas X SMK N 9 Semarang, (2) mengetahui tingkat
penyesuaian diri siswa kelas X SMK N 9 Semarang, (3) mengetahui hubungan
antara percaya diri dengan penyesuaian diri siswa kelas X SMK N 9 Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian
korelasional. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 324 siswa dan diambil 15%
dari seluruh jumlah populasi sebanyak 49 siswa yang dijadikan sampel. Sampel
dalam penelitian ini menggunakan 9 kelas dari 4 jurusan. Teknik pengambilan
data menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini yaitu skala psikologi. Sedangkan analisis data dengan menggunakan
pengolahan statistic dengan program SPSS for Windows.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Sebagian besar siswa
memiliki tingkat percaya diri tinggi dengan presentase 42,8% sedangkan untuk
penyesuaian diri, sebaagian besar siswa berada pada kategori sedang dengan hasil
presentase 42,8%. Hasil penelitian ini menunjukkan korelasi yang signifikan
antara percaya diri dengan penyesuaian diri siswa kelas X SMK N 9 Semarang
dengan hasil korelasi (0,428) dengan sig sebanyak 0,002 yang artinya 0,002<0,05.
Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang sangat
signifikan antara percaya diri dengan penyesuaian diri siswa. Itu berarti semakin
tinggi rasa percaya diri maka semakin dapat menyesuaikan diri dan begitu juga
sebaliknya.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
sebaiknya guru BK lebih bijaksana dalam memperhatikan kondisi siswa secara
individu sehingga dapat memahami permasalahan-permasalahan yang dapat
menghambat percaya diri dan penyesuaian diri siswa.
Kata Kunci : Percaya Diri, Penyesuaian Diri

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:55
Last Modified: 16 Jan 2024 03:55
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/940

Actions (login required)

View Item
View Item