ANALISIS PENGEMBANGAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA DINI KELOMPOK B MELALUI KEGIATAN TARI KREASI DI TK PGRI 04 KARTINI SEMARANG

Yulianti, Eko (2023) ANALISIS PENGEMBANGAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA DINI KELOMPOK B MELALUI KEGIATAN TARI KREASI DI TK PGRI 04 KARTINI SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Eko Yuliyanti 17159001.pdf] Text
Eko Yuliyanti 17159001.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Eko Yuliyanti. NPM 17159001. “Analisis Pengembangan Kecerdasan
Kinestetik Anak Usia Dini Kelompok B Melalui Kegiatan Tari Kreasi di TK PGRI
04 Kartini Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Universitas PGRI Semarang. 2023.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan kecerdasan
kinestetik anak usia dini kelompok B melalui kegiatan tari kreasi. Kecerdasan
kinestetik yaitu kemampuan menggunakan tubuh secara terampil untuk
memecahkan masalah, menciptakan produk, dan mengemukakan gagasan atau
emosi. Orang-orang yang mempunyai kecerdasan ini salah satunya adalah penari,.
Cara mengembangkan kecerdasan kinestetik salah satunya dengan memberi
kesempatan pada kemampuan siswa dalam menggunakan tubuh secara terampil
untuk mengungkapkan ide atau pemikiran dan perasaan. Kegiatan yang dapat
mengembangkan kecerdasan kinestetik diantaranya adalah menari. Tari kreasi
untuk anak usia dini adalah bentuk tarian kreatif yang diciptakan seorang guru
dengan gerak yang sederhana dan dapat diikuti oleh anak dan tema dalam tarian
kreasi untuk anak usia dini. Gerak tari kreasi sangat berkaitan dengan kecerdasan
kinestetik anak, karena gerak anak menimbulkan gerakan-gerakan yang bermakna
untuk anak, oleh karena itu apabila anak bisa bergerak apa saja akan menciptakan
motorik anak menjadi semakin kreatif dan berkembang.
Pada penelitian ini peneliti mencoba untuk menganalisis pengembangan
kecerdasan kinestetik anak usia dini kelompok B melalui kegiatan tari kreasi di TK
PGRI 04 Kartini Semarang yaitu apakah kecerdasan kinestetik anak usia dini
kelompok B dapat dikembangkan melalui kegiatan tari kreasi dan bagaimana
perkembangan kecerdasan kinestetik melalui kegiatan tari kreasi pada kelompok B
di TK PGRI 04 Kartini Semarang.
Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana peneliti adalah
sebagai perencana, pelaksana pengumpulan data, penganalisis data, dan sekaligus
pelapor dari hasil penelitian. Teknik pengumpulan data dengan triangulasi sumber,
triangulasi teknik, dan triangulasi waktu.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti di TK PGRI 04
Kartini Semarang, dapat disimpulkan bahwa kecerdasan kinestetik anak usia dini
kelompok B dapat dikembangkan melalui kegiatan tari kreasi, dan perkembangan
kecerdasan kinestetik melalui kegiatan tari kreasi pada kelompok B di TK PGRI 04
Kartini Semarang menunjukkan hasil sesuai dengan harapan.
Kata kunci: kecerdasan kinestetik, tari kreasi, anak usia dini

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:53
Last Modified: 16 Jan 2024 03:53
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/938

Actions (login required)

View Item
View Item