ANALISIS IMPLEMENTASI FUN MATH BOX BERBASIS LOOSE PARTS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AISYAH BUSTANUL ATHFAL 10 SEMARANG

YULIASTANTI, ERNITA (2023) ANALISIS IMPLEMENTASI FUN MATH BOX BERBASIS LOOSE PARTS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AISYAH BUSTANUL ATHFAL 10 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ERNITA YULIASTANTI 17150040.pdf] Text
ERNITA YULIASTANTI 17150040.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah penyelenggaraan
pendidikan anak usia dini banyak mengalami permasalahan-permasalahan dalam
proses pembelajaran. Seperti halnya kurangnya kreativitas dan inovasi guru, serta
alat permainan edukatif yang kurang mendukung, sehingga proses pembelajaran
kurang mendorong kemampuan anak dalam berkreativitas serta berpikir tingkat
tinggi. Proses pendidikan di Indonesia masih kental pada tahap berpikir tingkat
awal (mengingat, memahami, menerapkan), belum mendorong anak mencapai
kemampuan untuk memecahkan atau menyelesaikan suatu masalah yang dialami
anak.
Berdasarkan konteks penelitian, maka fokus masalah dalam penelitian ini
adalah “Bagaimanakah implementasi Fun Math Box berbasis Loose Parts dalam
pembelajaran matematika anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal
(ABA) 10 Semarang?” Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan implementasi Fun Math Box berbasis Loose Parts dalam
pembelajaran matematika anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal
(ABA) 10 Semarang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat
deskriptif berupa kata-kata, tulis, lisan, dan gambar. Lokasi penelitian ini
dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) 10 Semarang. Data bersumber
dari person, place, process, dan paper. Prosedur pengumpulan data dilakukan
dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) 10
Semarang, Implementasi Fun Math Box berbasis Loose Parts memberikan
dampak positif dalam proses pembelajaran matematika untuk anak usia 4-5 tahun.
Kemudahan dalam memainkan alat peraga fun math box telah memberikan
kemudahan kepada anak untuk menyelesaikan masalah-masalah yang
berhubungan dengan kemampuan matematika anak usia 4-5tahun. Fun Math Box
memiliki komponen yang lengkap dan sesuai dengan pedoman K13 PAUD.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya guru dapat lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan ide permainan
untuk menggunakan media fun math box agar anak tidak mudah bosan belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:51
Last Modified: 16 Jan 2024 03:51
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/936

Actions (login required)

View Item
View Item