SISTEM PENJUALAN ONLINE (E-COMMERCE) BERBASIS CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA PRIMKOPKAR KLUSTER JATI

KUROMA, ZAYIN (2023) SISTEM PENJUALAN ONLINE (E-COMMERCE) BERBASIS CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA PRIMKOPKAR KLUSTER JATI. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of ZAYIN KUROMA 18670081.pdf] Text
ZAYIN KUROMA 18670081.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Prima Koperasi Karyawan (Primkopkar) Kluster Jati merupakan sebuah
badan usaha di bawah naungan Dinas Perhutani Kabupaten Pemalang yang
bergerak dalam bidang pemasaran dan penjualan hasil olahan dari hutan, lahan,
atau perkebunan yang diolah oleh Perhutani. Saat ini promosi penjualan produk
dan pengolahan data penjualan yang dilakukan oleh Primkopkar Kluster Jati
masih secara manual, belum menggunakan sistem penjualan secara online. Hasil
dari penelitian ini penulis berhasil membuat sistem penjualan online (e-commere)
berbasis Customer Relationship Management (CRM) yang dapat membantu
Primkopkar Kluster Jati dalam mempromosikan produk, menjaga hubungan baik
dengan pelanggan dalam jangka waktu yang panjang, meningkatkan loyalitas
pelanggan, memberikan pelayanan, dan kemudahan kepada pelanggan dalam
mengakses produk yang ditawarkan. Pengujian pada sistem ini menggunakan 3
pengujian yaitu black-box testing, white-box testing, dan user acceptance testing
(UAT). Pada pengujian pertama yaitu white-box testing atau pengujian white-box
setelah dilakukan perhitungan dengan 2 rumus cyclomatic complexity
menghasilkan nilai yang sama. Selain itu, white-box testing juga menghasilkan 2
independent path. Pada hasil black box testing atau pengujian terhadap
fugsionalitas yang terdapat pada sistem dengan melibatkan 3 dosen informatika
sebagai responden dan mendapat hasil persentase 100% berhasil. Dan untuk hasil
pengujian user acceptance testing (UAT) atau pengujian website terhadap
pengguna dengan pelangganikan 11 pertanyaan dari aspek antarmuka,
kemudahan dan kemanfaatan. Pengujian ini melibatkan 5 responden dari
pengelola Primkopkar Kluster Jati dan pelanggan (masyarakat umum)
mendapatkan hasil 93,81% dari perhitungan yang telah dilakukan.
Kata kunci : E-commerce, Customer Relationship Management (CRM), Pelanggan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Informatika > Informatika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 03 Jan 2024 04:48
Last Modified: 03 Jan 2024 04:48
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/93

Actions (login required)

View Item
View Item