ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI BERBANTU MEDIA GAMBAR BERSERI KELAS IV SD NEGERI NGEMPLAKREJO KABUPATEN REMBANG

ZAHARA, HILMIA (2023) ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI BERBANTU MEDIA GAMBAR BERSERI KELAS IV SD NEGERI NGEMPLAKREJO KABUPATEN REMBANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of HILMIA ZAHARA 19120068.pdf] Text
HILMIA ZAHARA 19120068.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

HILMIA ZAHARA 19120068. “Analisis Kemampuan Menulis Karangan Narasi
Berbantu Media Gambar Berseri Kelas IV SD Negeri Ngemplakrejo Kabupaten
Rembang”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Penelitian ini membahas tentang analisis keterampilan menulis karangan
narasi berbantu media gambar berseri kelas IV SD Negeri Ngemplarejo
Kecamatan Pamotan Kabupaten Rembang. Latar belakang penelitian ini yaitu
peserta didik pada tingkat SD masih sering mengalami kesulitan untuk memulai
membuat sebuah tulisan. Ini disebabkan oleh keterbatasan mereka dalam hal
pengalaman dan juga ide. Media gambar berseri diterapakan pada kelas IV ini
dalam menulis karangan narasi dapat memotivasi siswa karena bisa aktif dan
kreatif, dapat mengembangkan gagasan dan ide, peserta didik lebih mudah
menemukan kosa kata dan mengungkapkan isi gambar kedalam bentuk tulisan.
Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah 1)untuk
menganalisis proses pelaksanaan pembelajaran menulis karangan narasi berbantu
media gambar berseri.kelas IV SD Negeri Ngemplakrejo. 2)untuk menganalisis
kemampuan menulis karangan narasi berbantu media gambar berseri kelas IV SD
Negeri Ngemplakrejo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif
kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian bahwa proses pembelajarn menulis karangan narasi
berbantu media gambar berseri siswa kelas IV berjalan dengan kondusif dimana
menunjukkan antusias mereka dalam mengikuti pembelajaran. Hasil menulis
karangan menulis diperoleh hasil 13 siswa dengan penilaian cukup, persentasenya
sebesar 48%, 11 siswa dengan penilaian baik, persentasenya sebesar 41% dan 3
siswa dengan penilaian sangat baik persentasenya sebesar 11%. Jika dirata- rata
dengan banyak siswa yang memiliki nilai cukup tanpa melihat nilai angkanya
maka dihasilkanlah nilai 10 (cukup). Keterampilan menulis karangan narasi siswa
berbantu media gambar berseri kelas I V adalah cukup. Kemampuan menulis
dengan rata-rata nilai cukup memiliki permasalahan keterampilan menulis di
antaranya tidak mengetahui apa yang harus dimulai, kurangnya keaktifan
membaca dan referensi membaca, kurangnya pengetahuan dalam aturan
penulisan yang benar, dan permasalahan penggunaan bahasa.
Saran yang dapat disampaikan adalah siswa agar lebih rajin membaca
buku agar dapat memperluas wawasan siswa mengenai kosa kata. Guru
membangun kebiasaan siswa dalam menulis karangan narasi sesuai dengan aturan
penulisan yang tepat.
Kata Kunci: Kemampuan Menulis, Karangan Narasi, Media Gambar Berseri

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:41
Last Modified: 16 Jan 2024 03:41
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/927

Actions (login required)

View Item
View Item