PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PINTAR DAN CEPAT BERHITUNG PERKALIAN SISWA SEKOLAH DASAR

THOYYIBAH, HIFNA IRODATUT (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PINTAR DAN CEPAT BERHITUNG PERKALIAN SISWA SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of HIFNA IRODATUT THOYYIBA 19120347.pdf] Text
HIFNA IRODATUT THOYYIBA 19120347.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

HIFNA IRODATUT THOYYIBAH. NPM 19120347. “Pengembangan
Bahan Ajar Pintar dan Cepat Berhitung Perkalian Siswa Sekolah Dasar”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I M. Yusuf
Setia Wardana, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II Singgih Adhi Prasetyo,
S.Sn., M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah beberapa siswa
kurang antusias dalam mengikuti pelajaran Matematika khususnya pada
materi perkalian, bahan ajar yang digunakan masih sangat minim karena
guru hanya menggunakan bahan ajar berupa buku guru dan buku siswa
dimana didalam buku siswa kurang menarik secara visual didalam bahan
ajar kurang adanya gambar dan variasi warna, selain guru masih kesulitan
dalam mengembangkan bahan ajar. Maka dari itu guru dan siswa
memerlukan bahan ajar yang menarik. Tujuan dalam penelitian ini adalah
mengembangkan, kevalidan, dan kelayakan bahan ajar Pintar dan Cepat
Berhitung Perkalian Siswa Sekolah Dasar.
Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian dan pengembangan (R
& D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop,
Implemetation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD
Negeri Yosorejo.
Hasil kevalidan penelitian diperoleh dari validasi materi dan media.
Hasil persentase nilai yang diperoleh dari validasi materi adalah sebesar
99% dengan kriteria “sangat layak” dan hasil persentase nilai yang
diperoleh dari validasi media adalah 99% dengan kriteria “sangat layak”.
Hasil angket respon siswa kelas II SD Negeri Yosorejo mendapatkan
persentase nilai sebesar 99% dengan kriteria “sangat layak” dan angket
respon guru kelas II SD Negeri Yosorejo mendapatkan persentase nilai
sebesar 91% dengan kriteria “sangat layak”. Sehingga dapat disimpulkan
jika bahan ajar Pintar dan Cepat Berhitung Perkalian Siswa Sekolah Dasar
valid dan layak digunakan di kelas II Sekolah Dasar.
Berdasarkan penelitian ini, bahan ajar Pintar dan Cepat Berhitung
Perkalian Siswa Sekolah Dasar valid dan layak digunakan oleh peserta
didik kelas II SD Negeri Yosorejo.
Kata Kunci : Pengembangan, Model ADDIE, Bahan Ajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:39
Last Modified: 16 Jan 2024 03:39
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/925

Actions (login required)

View Item
View Item