HUBUNGAN KECERDASAN NUMERIK DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA PADA MATERI POLA BILANGAN

Wati, Hesti Sekar (2023) HUBUNGAN KECERDASAN NUMERIK DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA PADA MATERI POLA BILANGAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Hesti Sekar Wati 19310060.pdf] Text
Hesti Sekar Wati 19310060.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan kecerdasan numerik dan aktivitas
belajar siswa terhadap prestasi siswa pada materi pola bilangan siswa kelas XI di SMA Sint
Louis Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Sint Louis
Semarang Tahun Ajaran 2022/2023 sebanyak 4 kelas. Pengambilan sampel menggunakan
teknik cluster random sampling diperoleh kelas XI MIPA 1, XI MIPA 2, dan XI IPS 1 di SMA
Sint Louis Semarang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif.
Hasil penelitian ini adalah: 1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan pada Kecerdasan
Numerik terhadap Prestasi Siswa pada Materi Pola Bilangan, 2) terdapat hubungan yang positif
dan signifikan pada Aktivitas belajar terhadap Prestasi Siswa pada Materi Pola Bilangan, 3)
terdapat hubungan yang positif dan signifikan pada Kecerdasan Numerik dan Aktivitas Belajar
terhadap Prestasi Siswa pada Materi Pola Bilangan dengan kontribusi sebesar 41,0%.
Kata kunci: Kecerdasan Numerik, Aktivitas Belajar, Prestasi Siswa, Materi Pola Bilangan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:36
Last Modified: 16 Jan 2024 03:36
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/924

Actions (login required)

View Item
View Item