IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH ADIWIYATA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SEKOLAH DASAR

Ilmasari, Dwiyana (2023) IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH ADIWIYATA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of DWIYANA ILMASARI 16120443.pdf] Text
DWIYANA ILMASARI 16120443.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Dwiyana Ilmasari, NPM 16120443. “Implementasi Program Sekolah
Adiwiyata dalam Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Sekolah Dasar.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Drs. Suyitno, M.Pd.
Pembimbing II Ervina Eka S,S.Si.,M.Pd. Agustus 2023.
Adiwiyata adalah penghargaan yang diberikan oleh pemerintah kepada
sekolah yang berhasil melaksanakan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan
hidup di sekolah (PBLHS). Gerakan ini merupakan salah satu upaya pemerintah
untuk memberikan pendidikan lingkungan hidup bagi masyarakat. Tujuan
utamanya yakni untuk mewujudkan perilaku ramah lingkungan hidup dari seluruh
warga sekolah. Suatu sekolah yang berhasil melaksanakan gerakan PBLHS dan
telah memenuhi kriteria-kriteria tertentu akan diberi penghargaan oleh kementrian
Lingkungan Hidup dan menjadi Sekolah Adiwiyata.
Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana Implementasi Program
Sekolah Adiwiyata dalam Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Sekolah
Dasar, Apakah terealisasi dengan baik atau hanya berakhir pada sebuah label
penghargaan dan tulisan saja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
hasil implementasi program adiwiyata dalam pembentukan karakter peduli
lingkungan di sekolah dasar. Jenis penelitian ini mengunakan penelitian kualitatif
dengan menggunakan metode study pustaka atau penelitian kepustakaan.
Hasil analisis 4 artikel dan 1 skripsi tentang bagaimana Implementasi
Program Sekolah Adiwiyata dalam Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan
Sekolah Dasar menunjukan bahwa Hasil implementasi program adiwiyata dalam
pembentukan karakter peduli lingkungan sudah terintegrasi pada kebijakan yang
berwawasan lingkungan dan terintegrasi dalam masing-masing mata pelajaran,
kemudian pengintegrasian disosialisasikan kepada seluruh warga sekolah untuk
menciptakan kesepakatan sekolah yang berwawasan lingkungan.
Saran peneliti yaitu untuk lebih menerapkan indicator-indikator dalam
implementai sekolah adiwiyata agar lebih menciptakan sekolah yang nyaman,
bersih dan mengembangkan kegiatan untuk memperbaiki kerusakan alam yang
sudah terjadi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:37
Last Modified: 16 Jan 2024 03:37
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/922

Actions (login required)

View Item
View Item