ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA KOMIK BERBASIS STEAM PADA KONTEKS PROSES PERTUMBUHAN MAKHLUK HIDUP MATERI PECAHAN UNTUK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

ANGGRAINI, ERIKA YUSI NOVITA (2023) ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA KOMIK BERBASIS STEAM PADA KONTEKS PROSES PERTUMBUHAN MAKHLUK HIDUP MATERI PECAHAN UNTUK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ERIKA YUSI NOVITA ANGGRAINI 19120200.pdf] Text
ERIKA YUSI NOVITA ANGGRAINI 19120200.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah siswa kurang tertarik mengikuti
pelajaran matematika, siswa kesulitan memahami materi, media pembelajaran
yang digunakan di SD Negeri Krikilan hanya menggunakan benda konkrit, dan
belum menggunakan inovasi teknologi yang belum disesuaikan di era saat ini.
Peneliti berupaya untuk mencari inovasi agar siswa kelas III antusias dalam mata
pelajaran matematika. Inovasi tersebut antara lain menggunakan media
pembelajaran yang menarik dan dapat meningkatkan antusias peserta didik pada
mata pelajaran matematika, serta dapat membuat peserta didik lebih aktif dan
fokus pada penjelasan guru.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media
komik berbasis STEAM dalam proses pembelajaran matematika materi pecahan
kelas III di SD Negeri Krikilan. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini
adalah untuk mengetahui dam mendeskripsikan bagaimana penggunaan media
komik berbasis STEAM dalam proses pembelajaran matematika materi pecahan
kelas III di SD Negeri Krikilan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif. Jenis pendekatanke penelitian ini adalah deskriptif. Peneliti melakukan
pendekatan kualitatif adalah untuk menganalisis terkait penggunaan media komik
berbasis STEAM pada konteks proses pertumbuhan makhluk hidup materi pecahan
untuk siswa kelas III SDN Krikilan. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket,
tes, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran komik berbasis STEAM
pada konteks proses pertumbuhan makhluk hidup materi pecahan sesuai dengan
karakteristik peserta didik. Selama proses pembelajaran menggunakan media
komik berbasis STEAM peserta didik fokus dan memperhatikan guru dengan baik
dalam mengikuti pelajaran matematika. Siswa tertib mengikuti pelajaran. Peneliti
tidak menemukan ada siswa yang ramai atau berbicara sendiri dengan teman
temannya. Semua siswa tertib mengikuti pelajaran matematika dengan baik.
Dengan belajar sambil membaca komik, peserta didik tidak merasa bosan untuk
mengikuti pembelajaran dari peneliti. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan
media komik berbasis STEAM dapat meningkatkan hasil belajar matematika
materi pecahan.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran bagi guru yang dapat disampaikan
adalah penggunaan media komik berbasis STEAM dapat dijadikan proses
kegiatan pembelajaran materi pecahan untuk peserta didik, sehingga kegiatan
pembelajaran menjadi lebih asyik dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:36
Last Modified: 16 Jan 2024 03:36
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/921

Actions (login required)

View Item
View Item