PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL SCRAPBOOK BERBASIS STEM PADA MATERI PERPINDAHAN KALOR KELAS V SEKOLAH DASAR

Ratnasari, Dwi Handayani (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL SCRAPBOOK BERBASIS STEM PADA MATERI PERPINDAHAN KALOR KELAS V SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of DWI HANDAYANI RATNASARI 19120292.pdf] Text
DWI HANDAYANI RATNASARI 19120292.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

DWI HANDAYANI RATNASARI. NPM 19120292. “Pengembangan Bahan
Ajar Digital Scrapbook Berbasis STEM Materi Perpindahan Kalor Kelas V
Sekolah Dasar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Semarang. 2023.
Latar belakang ini adalah dalam proses pembelajaran guru belum
memanfaatkan bahan ajar pembelajaran secara maksimal, peserta didik kurang
memahami materi karena merasa bosan dengan pembelajaran yang berlangsung
secara monoton. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana
kevalidan bahan ajar digital scrapbook berbasis STEM untuk digunakan sebagai
bahan ajar pada materi perpindahan kalor kelas V sekolah dasar?, (2) Bagaimana
kepraktisan bahan ajar digital scrapbook berbasis STEM untuk digunakan
sebagai bahan ajar pada materi perpindahan kalor kelas V sekolah dasar?.
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah (1) untuk
mengetahui kevalidan bahan ajar digital scrapbook berbasis STEM untuk
digunakan sebagai bahan ajar pada materi perpindahan kalor kelas V sekolah
dasar, (2) untuk mengetahui kepraktisan bahan ajar digital scrapbook berbasis
STEM untuk digunakan sebagai bahan ajar pada materi perpindahan kalor kelas
V sekolah dasar.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Prosedur
penelitian dan pengembangan yang digunakan oleh peneliti menggunakan
langkah-langkah dasar penelitian (Research and Development) yang dikemukakan
oleh Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah.
Berdasarkan keputusan Strata (S1) yang melakukan penelitian dan
pengembangan hanya sebatas pada uji coba lapangan awal dan revisi hasil uji
coba berdasarkan hasil analisis uji coba lapangan awal. Jadi hanya pada sampai
tahapan kelima yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3)
pengembangan draft produk, (4) uji coba lapangan awal, (5) merevisi hasil uji
coba. Sampel yang diambil adalah 28 siswa kelas V. Data dalam penelitian ini
diperoleh melalui observasi, angket dan dokumentasi.
Hasil validasi yang dilakukan dengan ahli media bahan ajar digital
scrapbook berbasis STEM mendapatkan kategori sangat valid dengan persentase
sebesar 100%. Sedangkan hasil validasi yang dilakukan dengan ahli materi
mendapatkan kategori sangat valid dengan persentase sebesar 98,8%. Hasil
angket respon guru kelas V terhadap bahan ajar digital scrapbook berbasis STEM
mendapatkan kategori sangat praktis dengan persentase sebesar 100%. Sedangkan
hasil angket respon siswa kelas V terhadap bahan ajar digital scrapbook berbasis
STEM mendapatkan kategori sangat praktis dengan persentase sebesar 99%.
Kesimpulannya bahwa bahan ajar digital scrapbook berbasis STEM ini sangat
valid dan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
bahan ajar digital scrapbook berbasis STEM dapat digunakan sebagai salah satu
alternatif guru dalam mengajar.
Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar, Digital Scrapbook berbasis STEM

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:27
Last Modified: 16 Jan 2024 03:27
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/915

Actions (login required)

View Item
View Item