PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI SISWA KELAS VIII SMP N 1 GUBUG TAHUN PELAJARAN 2023

ZARANITA, HELLENA (2023) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI SISWA KELAS VIII SMP N 1 GUBUG TAHUN PELAJARAN 2023. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of HELLENA ZARANITA 19110030.pdf] Text
HELLENA ZARANITA 19110030.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Hellena Zaranita. NPM 19110030: “Pengaruh Layanan Bimbingan
Kelompok Terhadap Peningkatan Rasa Percaya Diri Siswa Kelas VIII SMP
N 1 Gubug” Skripsi Progam Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. 2023 Dosen Pembimbing I : Eka Sari
Setianingsih, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II : Dr. G Rohartono Ajie, M.Pd.
Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Rasa
Percaya Diri Siswa Kelas VIII SMP N 1 Gubug ini dilatar belakangi dengan
adanya siswa yang tidak berani untuk mengungkapkan pendapatnya, kurang
percaya diri ketika disuruh maju di depan kelas, menghindar ketika ingin ditanya
oleh guru, dan masih ragu dengan kemampuan yang dimilikinya. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok
terhadap peningkatan rasa percaya diri siswa kelas VIII SMP N 1 Gubug.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian
true eksperimental design dengan model pretest dan posttest control grup design.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Gubug.
Sampel yang diambil adalah 28 siswa kelas VIII G yang dibagi menjadi dua
kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan
menggunakan teknik cluster random sampling. Alat pengumpulan data yang
digunakan adalah skala kepercayaan diri. Berdasarkan hasil pretest rata-rata
kelompok eksperimen adalah 88,3 dan kelompok kontrol adalah 80,1. Sedangkan
hasil posttest dapat dilihat setelah diberikan treatment layanan bimbingan
kelompok terhadap peningkatan rasa percaya diri pada kelompok eksperimen
terjadi peningkatan skor dibandingkan dengan kelompok kontrol yang tidak
diberikan traetment. Rata-rata posttest skor kelompok eksperimen adalah 9,15 dan
kelompok kontrol adalah 83,0. Berdasarkan uji hipotesis yang diperoleh dengan
hasil thitung = 2,694, selanjutnya yang dikonsultasikan dengan ttabel dengan taraf
signifikasi 5% (0,05) yaitu 2,056. Hal tersebut menunjukkan bahwa thitung 2,694 >
ttabel 2,056, maka hipotesis (Ha) diterima yang berbunyi “ada pengaruh layanan
bimbingan kelompok terhadap peningkatan rasa percaya diri siswa kelas VIII
SMP N 1 Gubug” diterima kebenarannya pada taraf siginifikasi 5%. Dapat
disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat meningkatan rasa percaya
diri siswa kelas VIII SMP N 1 Gubug.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran untuk siswa adalah siswa mampu
meningkatkan rasa percaya diri secara optimal baik dalam lingkungan sekolah
maupun lingkungan sekitar, serta menambah wawasan dan pengalaman dalam
pelaksanaan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan rasa percaya diri.
Kata Kunci : Rasa percaya diri, Bimbingan kelompok

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:26
Last Modified: 16 Jan 2024 03:26
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/914

Actions (login required)

View Item
View Item