PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI KELAS 1 SD NEGERI NGLEBUR KECAMATAN KEDUNGPRING KABUPATEN LAMONGAN

WIJAYANTI, ANITA TAURINA (2023) PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI KELAS 1 SD NEGERI NGLEBUR KECAMATAN KEDUNGPRING KABUPATEN LAMONGAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ANITA TAURINA WIJAYANTI 21126049.pdf] Text
ANITA TAURINA WIJAYANTI 21126049.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang yang mendorong Penelitian ini adalah sudah diterapkannya
Kurikulum Merdeka Belajar meskipun tidak terlepas dari berbagai permasalahan
yang ada. Penerapannya masih diterapkan secara bertahap yaitu kelas I, II, IV, dan
V, yang mana penerapannya tidak terlepas dari permasalahan baik dalam hal
perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan
untuk: 1) Untuk mengetahui penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada siswa
kelas I di SD Negeri Nglebur, 2) Untuk mengetahui problematika guru dalam
penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada siswa kelas I , 3) Untuk mengetahui
upaya guru dalam mengatasi problematika terhadap penerapan Kurikulum
Merdeka Belajar pada siswa kelas I di SD Negeri Nglebur.
Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Subjek penelitian ialah kepala sekolah, guru, dan siswa kelas
I. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Adapun teknik analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsaan data dilakukan dengan
Triangulasi Teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, di SD Negeri Nglebur
sudah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar dengan penerapan
pembelajaran berbasis proyek, asesmen diagnostik, formatif, dan sumatif,
pembelajaran berbasis mata pelajaran, IPAS, raport, ATP dan Modul Ajar
dikerjakan sendiri walaupun masih memodifikasi dari perangkat ajar yang lain .
Kedua, problematika guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar pada
perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran adalah kesulitan
menganalis CP, merumuskan TP dan menyusun ATP dan Modul Ajar,
menentukan metode dan strategi
pembelajaran, minimnya kemampuan
menggunakan teknologi, terbatasnya buku siswa, kurangnya kemampuan dan
kesiapan menggunakan metode dan media pembelajaran, materi ajar terlalu luas,
menentukan proyek kelas I, II, IV,dan V , kurangnya alokasi waktu pembelajaran
berbasis proyek, menentukan bentuk asesmen dan bentuk asesmen pada
pembelajaran berbasis proyek. Ketiga, upaya yang diterapkan guru dalam
mengatasi permasalahan penerapan Kurikulum Merdeka Belajar adalah pertemuan
rutin dengan KKG, pendampingan PMO dan khusus coaching kepala sekolah,
menggunakan buku abjad, menulis dipapan tulis, ketik, buat lembar kerja, dan
membuat format untuk proyek sendiri, melanjutkan proyek di rumah, membuat
catatan, dan mengikuti pelatihan implementasi Kurikulum Merdeka Belajar.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
Supaya dapat meningkatkan kembali pemahaman tentang Kurikulum Merdeka
Belajar, sehingga dalam proses pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan
kurikulum yang sedang diberlakukan
Kata Kunci: Problematika, Penerapan, Kurikulum Merdeka Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:18
Last Modified: 16 Jan 2024 03:18
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/907

Actions (login required)

View Item
View Item