Litasari, Dinda Adelia (2022) PENERAPAN BUDAYA LITERASI UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SISWA GEMAR MEMBACA MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR 4 DI SD N 2 BURIKAN KUDUS. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
DINDA ADELIA LITASARI 19120227.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
DINDA ADELIA LITASARI. NPM 19120227.“ Pembimbing I Rofian, S.Pd.,
M.Pd. NPP 158601471 dan pembimbing II Choirul Huda, M.Si., M.Pd. NPP.
108101300. Penerapan Budaya Literasi Untuk Membentuk Karakter Siswa Gemar
Membaca Melalui Program Kampus Mengajar 4 Di SD N 2 Burikan Kudus “.
Skripsi.Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang.Universitas PGRI Semarang, 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah terdapat siswa yang
kurang lancar dan minat dalam membaca di SD N 2 Burikan. Hal ini karena siswa
cenderung lebih sering menggunakan Handphone daripada melakukan kegiatan
membaca.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana keterlaksanaan penerapan
budaya literasi karakter gemar membaca pada program kampus mengajar 4 di SD
N 2 Burikan Kudus?. 2) Bagaimana dampak penerapan budaya literasi karakter
gemar membaca dalam program kampus mengajar 4 di SD N 2 Burikan Kudus?.
Tujuan yang hendak di capai dalam penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan
pelaksanaan penerapan budaya literasi karakter gemar membaca melalui program
Kampus Mengajar 4 di SD N Burikan 2 Kudus. 2) Mengetahui dampak penerapan
budaya literasi karakter gemar membaca melalui program Kampus Mengajar 4 di
SD N 2 Burikan Kudus.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Populasi penelitian adalah
seluruh siswa kelas III SD N 2 Burikan tahun pelajaran 2022/2023. Sampel yang
diambil adalah siswa kelas III, wali kelas III dan kepala sekolah SD N 2 Burikan
untuk dilakukan wawancara. Untuk pengambilan sampel ini dipilih dengan
kategori tinggi, sedang, rendah. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui
observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi.
Hasil analisis penerapan budaya literasi membaca serta berdasarkan hasil
wawancara menunjukkan bahwa kegiatan literasi yang diadakan di sekolah sangat
membantu untuk peningkatan kemampuan membaca siswa. Kegiatan literasi yang
dilakukan setiap hari di SD N 2 Burikan juga dapat menumbuhkembangkan
karakter siswa terutama dalam membaca.
Brdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya guru dapat lebih inovatif dalam melakukan kegiatan literasi membaca
sehingga dapat menarik minat siswa dalam melakukan kegiatan literasi membaca
di sekolah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 03:11 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 03:11 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/899 |