PERAN ORANG TUA DALAM PENDAMPINGAN BELAJAR MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS IV SDN TLOGOSARI WETAN SEMARANG

NURSAFITRI, ANISA (2023) PERAN ORANG TUA DALAM PENDAMPINGAN BELAJAR MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS IV SDN TLOGOSARI WETAN SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ANISA NURSAFITRI 15120414.pdf] Text
ANISA NURSAFITRI 15120414.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran daring di masa pandemi adalah bagian dari upaya
meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus covid-19. Mengingat
pentingnya peranan dari orang tua dalam mendidik anak serta beberapa
penelitian telah membuktikan bahwa orang tua memiliki andil yang sangat besar
dalam kemampuan anak dalam lingkup pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui peran orang tua dalam mendampingi siswa belajar di rumah semasa
pandemic covid-19 pada siswa SDN Telogosari Wetan 01 Semarang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan
mengambil data sesuai fakta dilapangan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis
dan disajikan dalam bentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan
antara lain observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang
dipergunakan dalam penelitian ini yaitu melalui empat tahap, yakni pengumpulan
data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan peran orang tua dalam pembelajaran daring
di SDN Telogosari Wetan 01 Semarang berbeda jika dibandingkan dengan
pembelajaran konvensional. Orang tua melaksanakan dua peran sekaligus pertama
menjadi orang tua dan kedua menjadi guru di rumah, menyediakan sarana dan
prasarana kepada anak, memberika semangat, motivasi, mengarahkan anak sesuai
dengan bakat dan minat yang dimiliki oleh masing-masing anak.
Hambatan yang dihadapi orang tua dalam pembelajaran daring di SDN
Telogosari Wetan 01 Semarang yaitu latar belakang pendidikan orang tua dalam
mendidik anak, tingkat ekonomi orang tua mempengaruhi proses pembelajaran
secara daring terutama dalam hal memfasilitasi pembelajaran daring anak,
kesulitan membagi waktu antara anak dan pekerjaan, jumlah anggota keluarga
juga mempengaruhi orang tua dalam memberikan bimbingan kepada anak dalam
belajar di rumah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:04
Last Modified: 16 Jan 2024 03:04
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/893

Actions (login required)

View Item
View Item