ANALISIS REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP PERILAKU DISIPLIN SISWA KELAS IV SDN BINTORO 2 DEMAK

OKTAVIANI, HAPPY (2023) ANALISIS REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP PERILAKU DISIPLIN SISWA KELAS IV SDN BINTORO 2 DEMAK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of HAPPY OKTAVIANI 18120078.pdf] Text
HAPPY OKTAVIANI 18120078.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

HAPPY OKTAVIANI. NPM 18120078. “Analisis Reward dan Punishment
Terhadap Perilaku Disiplin Siswa Kelas IV SDN Bintoro 2 Demak”. Skirpsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah karena adanya sikap
siswa yang kurang disiplin. Maka diterapkan pemberian reward dan punishment
untuk mengatasi siswa kelas IV yang kurang disiplin. Disiplin sangat penting bagi
peserta didik, oleh karena itu sikap disiplin harus ditanamkan kepada peserta
didik.
Permasalahan dalam masalah ini adalah “Bagaimana pelaksanaan
pemberian reward dan punishment terhadap perilaku disiplin siswa kelas IV SDN
Bintoro 2 Demak?”. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah
untuk mengetahui pelaksanaan pemberian reward dan punishment terhadap
perilaku disiplin siswa kelas IV SDN Bintoro 2 Demak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, menggunakan metode
deskriptif. Subyek pada penelitian ini adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV
SDN Bintoro 2 Demak. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui penyebaran
angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil analisis angket disiplin sebanyak 67% siswa menjawab selalu, 21%
siswa menjawab sering, 9% siswa menjawab kadang kadang, dan 2% siswa
menjawab tidak pernah. Dan pada hasil angket reward dan punishment sebanyak
53% siswa menjawab selalu, 20% siswa menjawab sering, 15% siswa menjawab
kadang-kadang dan 13% siswa menjawab tidak pernah. Disimpulkan bahwa
adanya pemberian reward dan punishment mampu memberikan penguatan
perilaku disiplin siswa kelas IV SDN Bintoro 2 Demak.
Saran yang dapat disampaikan adalah dengan memberikan reward dan
punishment sesuai kebutuhan siswa. Guru lebih variatif dalam memberikan
reward dan punishment kepada siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:01
Last Modified: 16 Jan 2024 03:01
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/892

Actions (login required)

View Item
View Item