PENGARUH REWARD KATA DAN REWARD BENDA TERHADAP MOTIVASI PEMBELAJARAN PENJAS SMA NEGERI 1 DEMPET

Falahudin, Dimas Fida (2022) PENGARUH REWARD KATA DAN REWARD BENDA TERHADAP MOTIVASI PEMBELAJARAN PENJAS SMA NEGERI 1 DEMPET. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of DIMAS FIDA FALAHUDIN 18230105.pdf] Text
DIMAS FIDA FALAHUDIN 18230105.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Dimas Fida Falahudin “Pengaruh reward kata dan reward benda terhadap
pembelajaran penjas”. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahauan Sosial dan
Keolahragaan Universitas PGRI Semarang 2022.
Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil observasi yang dilakukan
di SMA N 1 Dempet yang diperoleh gambaran tentang belum adanya peningkatan
motivasi belajar penjas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada
pengaruh reward kata dan reward benda terhadap motivasi penjas.
Jenis penelitian ini kuantitatif dengan metode penelitian quasi
exsperimental design bentuk desain yang digunakan two goub pretest-posttest.
Pengambilan sampel yang dilakukan dengan random sampling. Dalam penelitian
ini instrumen penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam mengambil data yaitu
menggunakan angket dalam bentuk pertanyaan.
Berdasarkan pada hasil yang diperoleh variabel X1 - Y1 diketahui bahwa
peningkatan motivasi melalui reward kata reward berupa kata mengalami
peningkatan nilai mean atau rata-rata dari pretest sebesar 2,1% menjadi posttest
sebesar 72,09 dengan kata lain mengalami kenaikan rata-rata sebesar 1,49 maka
H0 ditolak dan Ha diterima. Sedangkan untuk hasil motivasi siswa dalam
pembelajaran penjas sebelum dan sesudah diberikan treatment dengan penerapan
reward berupa benda mengalami peningkatan nilai mean atau rata-rata dari pretest
sebesar 69,3 menjadi posttest sebesar 1,7%. dengan kata lain mengalami
peningkatan sebesar 1,2. Maka H0 ditolak dan H2 diterima pada hasil yang
diperoleh pada variabel X1 – Y2 diketahui bahwa peningkatan reward kata 1,49 >
reward benda 1,2 maka H0 ditolak.
Dari hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa
menunjukan adanya pengaruh peningkatan antara sebelum dan setelah diberikan
treatment reward kata dan reward benda terhadap motvasi pembelajaran penjas.
Saran peneliti selanjutnya agar mengembangkan dan digunakan untuk
menyempurnakan model pembelajaran penjas.
Kata kunci : Reward kata, reward benda, motivasi belajar, penjas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:03
Last Modified: 16 Jan 2024 03:03
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/890

Actions (login required)

View Item
View Item